Kasus Calciopoli Sudah menemui Titik Terang

Kasus Calciopoli Sudah menemui Titik Terang

by -
3754

calciopoli-la-procura-di-napoli-chiede-di-riaprire-linchiesta_1_big

lensaremaja.com – Putusan akhir dalam sidang calciopoli yang sudah berjalan lama telah dikonfirmasi, dengan beberapa biaya yang diturunkan dan hal lainnya dipengaruhi oleh undang-undang dalam pembatasan kasus tersebut.

Dilaporkan semalam bahwa mantan direktur Juventus, Luciano Moggi belum dibebaskan, tetapi hukumannya dihapuskan sebagai tersangka telah berakhir, seperti yang direkomendasikan oleh jaksa di Italia.

Setelah enam jam musyawarah tadi malam, putusan akhir diumumkan oleh Mahkamah Agung, dengan Moggi dibersihkan dari dua macam tuduhan penipuan olahraga.

Sebuah kalimat lebih dari dua tahun penjara karena konspirasi kriminal itu telah dihapuskan, tapi itu tidak berarti Moggi dibebaskan, hanya saja undang-undang pembatasan telah berakhir dan kalimat yang mengandung hukum lainnya tidak bisa ditegakkan.

Mantan direktur Juventus lain, Antonio Giraudo, juga akan menghindari satu tahun dan delapan bulan penjara karena kasus penipuan, hal berkat undang-undang pembatasan.

Mantan wasit Paolo Bertini dan Antonio Dattilo dibebaskan oleh Mahkamah Agung, namun ajuan banding oleh Massimo De Santis ditolak dan sudah menerima 10 bulan hukuman percobaan.

Banding kejaksaan terhadap pembebasan dari wasit Paolo Dondarini, Gianluca Rocchi dan Tiziano Pieri serta Presiden AIC, Tullio Lanese ditolak oleh pengadilan.

Alasan untuk menjatuhkan beberapa biaya denda tetapi tidak yang lain tidak akan jelas sampai pengadilan mengeluarkan pernyataan pasti yang bisa memakan waktu beberapa minggu.

“Saya merasakan kekecewaan besar,” kata De Santis setelah putusan.

“Saya tidak ingin seperti ini keadilan pada siapa pun. Sepertinya saya seperti saya telah didiskriminasikan.

“Sekarang saya sedang menunggu untuk membaca keputusan, saya ingin mengerti mengapa aku adalah satu-satunya wasit yang terlibat.”

Luciano Moggi mendapatkanvonis berbeda, bersikeras bahwa bukti mereka tidak dipalsukan.

“Ini telah menjadi hal yang tidak menyenangkan, dan itu semua berakhir dalam hal apapun.

Keputusan kemarin menandai tingkat terakhir proses pidana ke pengadilan Calciopoli, tapi tindakan sipil bisa menjadi ramai selama bertahun-tahun yang akan datang.

Juventus sedang mencari € 443m dalam kerugian yang disebabkan oleh FIGC atas kehilangan pendapatan dan merusak reputasi.

Calciomercato merenungkan apakah dengan hanya De Sanctis dan Salvatore Racalbuto dinilai menjadi wasit yang paling bersalah, apakah kasus Bianconeri akan diperkuat.

Namun, dengan tuduhan bahwa Moggi terlibat dalam konspirasi kriminal tidak dapat membalikkan bukti, maka akan sulit bagi Nyonya Tua untuk memenangkan biaya pengganti atas kerugian kasus calciopoli.

BERIKAN KOMENTAR