Manfaat Senam Kegel

Manfaat Senam Kegel

by -
57436

senam-kegel-m.sim_.name_

 

lensaremaja.com – Senam Kegel adalah latihan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuat otot-otot panggul Anda menjadi lebih kuat. Panggul adalah daerah antara pinggul Anda yang memegang organ reproduksi Anda. Lantai pada panggul benar-benar serangkaian otot dan jaringan yang membentuk sling, atau tempat tidur gantung, di bagian bawah panggul Anda. Sling ini memegang organ di tempat.

Sebuah dasar panggul yang lemah dapat menyebabkan masalah seperti ketidakmampuan untuk mengontrol perut atau kandung kemih. Setelah Anda memahami senam Kegel, Anda dapat melakukannya kapan saja dan di mana saja-dalam privasi rumah Anda sendiri .

 

 

Mengapa harus mencoba senam Kegel ?

Perempuan dan laki-laki bisa mendapatkan keuntungan dari senam Kegel.

Banyak faktor yang dapat melemahkan dasar panggul pada wanita, seperti kehamilan, melahirkan, penuaan dan berat badan. Otot-otot dasar panggul mendukung rahim, kandung kemih, dan usus. Jika otot-otot yang lemah, organ-organ panggul dapat menurunkan ke dalam vagina wanita. Selain menjadi sangat tidak nyaman, hal ini juga dapat menyebabkan inkontinensia.

Bagi pria, juga mungkin mengalami pelemahan pada otot dasar panggul mereka dengan bertambahnya usia mereka. Hal ini dapat menyebabkan inkontinensia baik urin dan kotoran, terutama jika orang itu telah menjalani operasi prostat.

 

Menemukan Otot panggul pada Perempuan

Ketika Anda pertama kali memulai senam Kegel, menemukan otot yang benar adalah hal yang rumit. Salah satu cara untuk menemukan mereka adalah dengan menempatkan jari bersih di dalam vagina dan mengencangkan otot-otot vagina Anda di jari Anda.

Anda juga dapat menemukan otot dengan mencoba untuk menghentikan air seni pada saat pertengahan aliran Anda. Otot-otot yang Anda gunakan untuk tindakan ini adalah otot dasar panggul Anda. Biasakan untuk bagaimana perasaan mereka ketika mereka berkontraksi dan rileks.

Namun, Anda harus menggunakan metode ini untuk hanya untuk tujuan belajar. Ini bukan ide yang baik untuk memulai dan menghentikan urin Anda secara teratur, atau sering melakukan latihan Kegel ketika Anda memiliki kandung kemih penuh. Pengosongan lengkap kandung kemih dapat meningkatkan risiko untuk infeksi saluran kemih .

Bicarakan dengan dokter kandungan Anda jika Anda masih tidak yakin Anda telah menemukan otot yang tepat. Ia mungkin merekomendasikan menggunakan obyek yang disebut kerucut vagina. Anda memasukkan kerucut vagina ke dalam vagina dan kemudian menggunakan otot-otot dasar panggul Anda untuk tetap di tempat.

Pelatihan bio-umpan balik juga bisa sangat berguna dalam membantu mengidentifikasi dan mengisolasi otot panggul Anda. Dalam prosedur ini, dokter akan memasukkan probe kecil ke dalam vagina Anda atau meletakkan elektroda perekat di bagian luar vagina atau anus. Anda akan diminta untuk mencoba melakukan Kegel. Sebuah monitor akan menunjukkan apakah Anda dikontrak otot yang benar dan berapa lama Anda mampu menahan kontraksi.

 

 

Menemukan Otot panggul pada Pria

Pria sering memiliki jenis yang sama masalah ketika datang untuk mengidentifikasi kelompok yang benar untuk otot dasar panggul. Untuk pria, salah satu cara untuk menemukan mereka adalah untuk memasukkan jari ke dalam rektum dan mencoba memeras tanpa mengencangkan otot-otot perut, bokong atau paha.

Jika Anda masih mengalami kesulitan, berlatih menghentikan aliran urin. Seperti wanita, ini adalah cara yang dapat diandalkan untuk menemukan otot dasar panggul, tetapi seharusnya tidak menjadi latihan yang teratur.

Biofeedback juga dapat membantu pria menemukan otot dasar panggul. Jika Anda mengalami kesulitan untuk menemukan mereka pada Anda sendiri, Anda bisa membuat janji dengan dokter Anda.

 

 

Tujuan dan Manfaat senam Kegel

Kosongkanlah kandung kemih Anda sebelum melakukan senam Kegel. Sebagai pemula, Anda harus mencari tempat yang tenang, swasta untuk duduk atau berbaring sebelum melakukan latihan Anda. Ketika Anda berlatih, Anda akan menemukan Anda dapat melakukannya di mana saja.

Ketika pertama kali Anda mulai melakukan senam Kegel, tegangkan otot-otot di panggul Anda dalam hitungan ke tiga, kemudian relaks mereka untuk hitungan ke tiga. Terus sampai Anda telah melakukan 10 kali pengulangan. Selama beberapa hari berikutnya, berlatih sampai Anda dapat menahan otot Anda tegang untuk hitungan 10. Tujuan Anda harus melakukan tiga set yang diulang 10 kali setiap hari.

Jangan berkecil hati jika Anda tidak melihat hasil yang Anda inginkan dengan segera. Menurut Mayo Clinic, senam kegel dapat memakan waktu selama 12 minggu . Mereka juga bekerja secara berbeda untuk setiap orang. Beberapa orang menunjukkan peningkatan besar dalam kontrol otot dan kontinensia. Lainnya tidak menunjukkan perbaikan yang nyata. Namun, Kegel dapat mencegah kondisi Anda dari semakin buruk.

BERIKAN KOMENTAR