Cara Mencegah Penyakit Miningitis

Cara Mencegah Penyakit Miningitis

by -
1700

Pencegahan Pengakit Meningitis

Lensaremaja.com – Cara Mencegah Penyakit Meningitis – Meningitis dapat menjadi penyakit yang sangat serius. Jika Anda atau seseorang yang Anda cintai berada pada peningkatan risiko untuk meningitis, Anda mungkin memiliki banyak pertanyaan. Berikut adalah jawaban atas beberapa pertanyaan paling umum tentang meningitis.

Apakah meningitis itu?
Meningitis terjadi ketika selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang, yang disebut meninges dan menjadi meradang. Hal ini biasanya disebabkan oleh infeksi. Penyakit ini bisa berakibat fatal atau menyebabkan efek samping yang serius selamanya.

Apa penyebab meningitis?
Dua penyebab utama meningitis adalah virus dan bakteri. Bakteri umum atau virus dapat menyebabkan infeksi di bagian tubuh termasuk kulit, saluran pencernaan, atau saluran pernapasan.  Mereka kemudian dapat menyebar melalui aliran darah ke sistem saraf. Bakteri juga dapat memasuki sistem saraf langsung setelah trauma berat pada kepala atau operasi kepala, atau mengikuti infeksi di kepala.

Cara mengobati Meningitis
Pengobatan ditentukan oleh penyebab meningitis.

Meningitis yang disebabkan oleh bakteri membutuhkan rawat inap segera. Pengobatan akan dengan antibiotik intravena. Diagnosis dan pengobatan dini sangat penting. Mereka membantu mencegah kerusakan otak dan kematian. Tidak ada antibiotik khusus untuk meningitis. Hal ini tergantung pada bakteri yang terlibat.

Meningitis yang disebabkan oleh jamur diobati dengan obat antijamur.

Viral meningitis tidak diobati. Ini biasanya sembuh dengan sendirinya. Gejala akan hilang dalam waktu dua minggu. Tidak ada masalah serius dan jangka panjang terkait dengan meningitis viral.

Antibiotik berguna untuk pencegahan dan untuk menutup kontak orang dengan infeksi meningitis

Vaksinasi juga dapat melindungi terhadap beberapa jenis meningitis. Vaksin yang dapat mencegah meningitis meliputi:

-Vaksin HiB (Haemophilus vaksin)
-Vaksin konjugasi pneumokokus
-Vaksin meningokokus

Meningitis biasanya hasil dari infeksi menular. Bakteri umum atau virus yang dapat menyebabkan meningitis dapat menyebar melalui batuk, bersin, berciuman, atau berbagi peralatan makan, sikat gigi atau rokok. Anda juga pada peningkatan risiko jika Anda tinggal atau bekerja dengan seseorang yang memiliki penyakit tersebut.

Langkah-langkah ini dapat membantu mencegah meningitis:

  1. Cuci tangan Anda. Hati-hati,cuci tangan penting untuk menghindari  infeksi.
  2. Praktik kebersihan yang baik. Jangan berbagi minuman, makanan, sedotan, peralatan makan, lip balm atau  sikat gigi dengan orang lain.
  3. Tetap sehat. Menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dengan mendapatkan istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, dan makan makanan yang sehat dengan banyak buah-buahan segar, sayuran dan biji-bijian.
  4. Jika Anda sedang hamil, berhati-hati dengan makanan. Mengurangi risiko listeriosis jika Anda hamil dengan memasak daging,  dan menghindari keju lunak yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi.

BERIKAN KOMENTAR