Apa Itu Radang Selaput Otak ? Dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Apa Itu Radang Selaput Otak ? Dan Bagaimana Cara Mencegahnya

by -
2240

meningitis_1012

 

Lensaremaja.comRadang Selaput Otak Atau Meningitis

Meningitis adalah peradangan akut pada selaput pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang, yang dikenal secara kolektif sebagai meninges. Peradangan mungkin disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau mikroorganisme lainnya, dan kurang umum oleh obat-obatan tertentu. Meningitis dapat mengancam jiwa karena peradangan yang dekat dengan otak dan sumsum tulang belakang, Oleh karena itu, kondisi ini diklasifikasikan sebagai darurat medis.

Gejala yang paling umum dari meningitis adalah sakit kepala dan leher kaku berhubungan dengan demam, kebingungan atau perubahan kesadaran, muntah, dan ketidakmampuan untuk mentolerir cahaya (photophobia) atau suara keras (phonophobia). Anak-anak sering menunjukkan gejala nonspesifik seperti mudah marah dan mengantuk.

Bagaimana meningitis menyebar? Penyakit ini paling sering disebabkan oleh bakteri atau virus, dengan bentuk virus penyakit biasanya menjadi kurang serius dari meningitis bakteri. Meningitis bakteri dapat menyebabkan gangguan pendengaran, kerusakan otak, cacat lainnya, dan bahkan kematian – dan itu menular, berpotensi menular melalui ciuman atau berbagi jarak dekat dengan orang yang terinfeksi.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menghindarinya.

1. Dapatkan Divaksinasi
Cara yang paling efektif untuk mencegah meningitis adalah untuk mendapatkan vaksinasi terhadap penyakit.

2. Jangan Meminjamkan Peralatan Pribadi
Meningitis dapat menular melalui kontak dengan pernapasan atau tenggorokan seseorang yang terinfeksi, baik melalui ciuman atau berbagi barang-barang pribadi.

3. Jauhkan Diri Dari Orang Yang Terinfeksi
Bakteri yang ditemukan di hidung dan tenggorokan sekresi juga dapat menyebar melalui batuk dan bersin. Anda bisa terkena meningitis jika Anda cukup dekat dengan orang yang terinfeksi dengan kontak langsung.

4. Cuci Tangan Anda
Sama seperti dengan virus flu, virus dan bakteri yang bertanggung jawab untuk meningitis bisa terdapat di tangan Anda dan masuk ke dalam mulut Anda.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Anda dapat terkena meningitis saat system kekebalan tubuh Anda sangat buruk. Jadi solusi yang tepat untuk mendapatkan system kekebalan tubuh yang baik adalah dengan cara olahraga teratur dan perbanyak makan sayuran.

BERIKAN KOMENTAR