Aki Mobil Mudah Rusak? Ikutilah Beberapa Tips Merawat Aki Mobil Ini

Aki Mobil Mudah Rusak? Ikutilah Beberapa Tips Merawat Aki Mobil Ini

by -
3754

cara mengganti aki mobilLensaremaja.com – Aki merupakan salah satu bagian penting untuk menggerakkan kendaraan yang menggunakan mesin baik sepeda motor maupun mobil. Tak banyak yang mengetahui cara merawat aki yang baik agar mampu bekerja secara maksimal yakni mampu menyuplai serta menstabilkan aliran listrik pada mobil kita.

Beberapa cara yang harus dilakukan adalah dengan memperhatikan pengikat aki. Aki selalu diposisikan terikat pada bagian tubuh kendaraan karena untuk menahan aki agar tidak bergerak. Oleh sebab itu, yang harus diperhatikan adalah baut agar selalu kencang.

Suhu aki adalah hal lain yang harus kita ketahui, baik aki dengan tipe konvensional atau Maintenance Free. Aki sendiri membutuhkan suhu ruangan yang tidak terlalu tinggi, tujuannya adalah agar proses penguapan bisa seminimal mungkin. Jika suhu terlalu tinggi maka cairan pada api akan memanas dan kemudian menguap. Hal ini akan membuat distribusi aliran listrik terganggu.

Menjaha kebersihan kutub aki memang harus dilakukan agar tidak dipenuhi oleh jamur yang berasal dari debu serta kotoran-kotoran. Kotoran yang masuk akan sangat mengganggu arus listrik pada kutub aki. Sheingga kutub aki harus sellau dibersihkan dengan menggunakan air panas dan juga lap kering.

Aki Mobil Mudah Rusak Ikutilah Beberapa Tips Merawat Aki Mobil IniAir Aki yang masih perlu untuk dilakukan isi ulang berupa air demin, ini khusus untuk aki basah, harus selalu dilihat ketersediaan air. Jika lengah sebentar saja, dan air habis maka akan mengurangi kemmapuan untuk menyimpan arus listrik.

Matikan fitur-fitur penunjang sebelum mematikan mobil adalah hal yang penting dilakukan. Banyak sekali yang melupakan hal ini. Jika mobil dimatikan sedangkan perangkat belum dimatikan, maka aki tidak akan terisi secara sempurna karena ketika akan menyalakan kembali mobil tersebut maka dayan yang dibutuhkan tidak bisa memenuhi.

BERIKAN KOMENTAR