Anda Penggemar Batu Akik? Inilah Beberapa Jenis Batu Akik Lokal Terpopuler

Anda Penggemar Batu Akik? Inilah Beberapa Jenis Batu Akik Lokal Terpopuler

by -
8034

Anda Penggemar Batu Akik? Inilah Beberapa Jenis Batu Akik Lokal TerpopulerLensaremaja.com – Batu akik kini memang sedang populer di kalangan masyarakat. Batu akik pun memiliki banyak jenis berdasarkan kandungan yang ada di dalamnya. Demam batu akik di Indonesia sudah merambah ke semua kalangan dan batu akik lokal memiliki karakteristik tersendiri jika dibandingkan dengan batu akik dari negara lain.

Berikut adalah beberapa jenis batu akik lokal yang sangat populer di Indonesia.
1. Batu Bacan

Batu BacanBatu bacan adalah salah satu jenis batu akik berasal dari Maluku. Batu jenis ini mulai dikenal oleh masyarakay sejak tahun 2010 yang lalu saat SBY pernah memberikan batu bacan sebagai cinderamata kepada Barack Obama. Kejadian tersebut yang membuat harga batu bacan semakin melonjak harganya padahal sebelumnya harga dari batu ini biasa saja.

2. Batu Sisik Naga Enrekang

Batu Sisik Naga EnrekangBatu jenis ini disebut ditemukan untuk pertama kalinya di daerah yang digunakan untuk menamai batu ini yakni Enrekang yang terletak di Sulawesi Selatan. Batu ini mulai dikenal oleh masyarakat sejak 2014 yang lalu. Harga dari batu yang termasuk ke dalam jenis septarian nodule ini harganya pun bervariasi tergantung dari keunikan motif yang ada alam batu.

3. Batu Black Opal Kalimaya

Batu Black Opal KalimayaBatu jenis ini sendiri terdiri dari beberapa macam tergantung dari warna batu serta asal dari batu tersebut. Salah satu yang paling dikenal ialah yang berasal dari Banten dan warna dari batu ini adalah hitam dan disempurnakan dengan pendar yang berwarna warni apaliba terpancar cahaya. Selain dari Kalimaya Black Opal, juga terdapat batu bernama Kalimaya Teh yang memiliki warna kuning selayaknya air teh, kalimaya susu yang memiliki warna putih selayaknya warna susu.

4. Batu Akik Sungai Dareh atau Giok Aceh

Batu Akik Sungai Dareh atau Giok AcehBatu akik jenis ini menjadi salah satu batu akik yang sangat difavoritkan oleh kolektor batu akik karena memiliki warna hijau dan teksturnya seperti giok. Bahkan batu akik Sungai Dareh ini menjadi salah satu batu akik terbaik yang kualitasnya hampir sepadan dengan Bacan.

BERIKAN KOMENTAR