Agar Tidak Tertipu, Inilah Tips Membedakan Batu Akik Asli Dan Palsu

Agar Tidak Tertipu, Inilah Tips Membedakan Batu Akik Asli Dan Palsu

by -
5633

Agar Tidak Tertipu, Inilah Tips Membedakan Batu Akik Asli Dan PalsuLensaremaja.com – Dengan banyaknya jenis serta khasiat batu akik saat ini, pasti membuat bingung dan kita tak ingin merugi bila membeli batu indah tersebut. Ditambah lagi, saat ini marak berbagai cara serta metode memoles batu imitasi dengan bahan-bahan kimia, sehingga akan sangat sulit membedakan mana batu akik yang asli dengan yang palsu (biasanya terbuat dari kaca).

Baca juga Mau Tau Cara Merawat Batu Akik Yang Benar?

Berikut adalah beberapa cara yang paling mudah untuk bisa membedakan mana batu akik asli yang terbuat dari batuan alam dengan batu akik palsu/sintesis:

  1. Bila batu ditempelkan pada pipi, maka akan terasa dingin, dan itu menandakan bahwa batu tersebut asli. Bila batu akik yang asli kita pegang lama pasti akan menghangat karena mampu menghantarkan suhu badan kita, namun bila kita biarkan maka akan mendingin dengan lebih cepat.
  2. Bila disulut menggunakan api punting rokok ataupun dibakar menggunakan korek api, maka batu akik yang asli tidak akan terdapat perubahan warna gosong ataupun bagian yang meleleh. Setelah lama dipanaskan pasti akan menghasilan cairan minyak berwarna cokelat. Lalu bila batu tersebut asli, maka cairan itu akan menghilang begitu saja dan tak akan meninggalkan bekas.
  3. Batu akik asli dari batuan alam pasti akan cepat panas dan akan cepat kembali dingin ketika dibakar, berbeda dengan batu sintesis dari bahan kimia ataupun kaca yang pasti akan cukup lama menyimpan suhu panas di dalamnya.
  4. Lihatlah serat di dalamnya dengan lampu atau menerawangnya. Bila batu tersebut asli, maka serta di dalam batu akan terlihat seperti retak serta bermotif alami, sebab jarang kita menjumpai batu mulia akik yang sangat mulus tanpa serat sama sekali.
  5. Lalu cara yang terakhir adalah dengan menggunakan alat untuk mengetes tingkat kekerasan batu akik tersebut. Cara ini bisa dikatakan yang paling tepat sebab kita bisa langsung mengetahui mana batu akik yang palsu berdasarkan tingkat kekerasannya.

BERIKAN KOMENTAR