Selain Puasa Rajab, Inilah Amalan-Amalan yang Disunahkan Saat Bulan Rajab!

0
1557
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Bulan Rajab
Copyright©Inspirasi Santri

Selain Puasa Rajab, Inilah Amalan-Amalan yang Disunahkan Saat Bulan Rajab!

Lensaremaja.com BintangBulan Rajab adalah bulan ketujuh di dalam kalender Hijriyah. Dan bulan ini merupakan bulan yang suci atau bulan yang dimuliakan. Oleh karena itu, tak heran juga apabila kalangan umat muslim akan melakukan amalan yang baik di bulan ini.

Ada empat bulan yang diharamkan yang tekah dikenal dalam tradisi Islam. dan bulan-bulan tersebut telah berurutan, yaitu Bulan Dzulqa’dah, Dzulhijah, Muharram, dan juga Bulan Rajab. Tak sedikit kita jumpai ada beberapa amalan-amalan yang telah disunahkan dalam islam.

Pertama adalah, Puasa sunah bulan haram. Akan tetapi, jika seseorang melaksanakan puasa di bulan ini dengan niat niat puasa di bulan-bulan haram, maka diperbolehkan bahkan dianjurkan. Mengingat sebuah hadist yang telah diriwayatkan Imam Ahmad, Abu Daud, Al Baihaqi dan yang lainnya.

Kedua adalah, Mengkhususkan Umrah di Bulan Rajab, pendapat yang jauh lebih kuat di dalam masalah ini, mengkhususkan umrah pada saat bulan haram adalah sebuah perbuatan yang tak ada landasannya di dalam syariat.

Bulan Rajab
Copyright©Santrinema.blogspot

Karena tak ada satupun dalil yang telah menujukkan anjuran mengkhususkan bulan haram untuk melaksanakan ibadah umrah. Andaikan ada keutamaan yang mengkhususkan ibadah umrah pada saat Rajab, tentu saja Nabi SAW akan memberitahukan kepada seluruh umatnya.

Ktiga adalah, Mneyembelih Hewan atau Atirah. Atirah merupakan hewan yang disembelih pada saat Rajab dengan tujuan untuk beribadah. Menurut pendapat pertama, Atirah dianjurkan, dalilnya adalah hadis dari Abdullah bin Amr bin Ash.

Pendapat kedua, Atirah tak diisyaratkan akan tetapi tak makruh. Dalilnya merupakan hadis dari Abu Razin Laqirh bin Amir Al Uqaili. Pendapat ketiga adalah Atirah hukumnya makruh, hal ini berdasarkan dari hadist Nabi SAW. Pendapat yang keempat adalah, Atirah hukumnya haram. Hal ini adalah pendapat yang telah dipilih dari Ibnul Qoyim dan Ibnul Munzir.

Baca Juga Ramadhan Tinggal Menghitung Hari, Risty Tagor Sudah Pastikan Tak Puasa Demi Anaknya !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY