Berita Terkini: Sejumlah Sekolah Siapkan Diri Gelar UNBK !

0
443
Share on Facebook
Tweet on Twitter
UNBK
Copyright©jogja.tribunews

Berita Terkini: Sejumlah Sekolah Siapkan Diri Gelar UNBK !

Lensaremaja.com – Beberapa sekolah di Indonesia sudah menyiapkan untuk Ujian Nasional 2017, memang ujian ini masih akan berlangsung di Bulan April sampai Mei 2017. Akan tetapi hal ini untuk mempersiapkan siswanya dalam menghadapinya.

Salah satunya adalah sekolah di Samarinda yang sudah menyatakan siap dalam menghadapi Ujian Nasional ini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memiliki rencana dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan pastinya memiliki sumber daya yang mencukupi.

Salah satu sekolah yang sudah menyatakan siap untuk melaksanakan ujian ini adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 02 Samarinda. Kepala Sekolah MAN 02 Samarinda, Saharuddin, menyatakan siap untuk melakukan UNBK ini.

“Sebelumnya sudah dilaksanakan pendataan siswa, penyiapan server dan komputer serta jaringan sudah siap karena kita sudah pernah melaksanakan UNBK,” ujarnya, Selasa (04/1/17).

Pada bulan November 2016 lalu, para murid dari sekolah MAN 02 Samarinda ini sudah menjalankan similasi UNBK, sedangkan direncanakan simulasi kedua yang akan dilaksanakan pada Februari 2017 mendatang.

Sedangkan untuk melakukan persiapan teknis, Saharuddin mengungkapkan, pihaknya sudah memberikan 40 unit komputer, yang nantinya akan digunakan oleh perserta ujian dengan jumlah 298 orang.

“Sebelumnya sudah dilaksanakan pendataan siswa, penyiapan server dan komputer serta jaringan sudah siap karena kita sudah pernah melaksanakan UNBK,” ujarnya

Dengan adanya persiapan yang sudah dilakukan ini, Saharuddin menilai, MAN 02 Samarinda sudah mencapai 95 persen siap dalam menjalani ujian yang berbasis komputer tersebut.

UNBK Ilustrasi
Copyright©sentananews

Selain MAN 02 Samarinda, ada Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Cordova, yang juga telah menyatakan kesiapannya dalam menjelankan Ujian Nasiol untuk tahun ini.

“Tahun 2016 lalu kita sudah melaksanakan UNBK, jadi untuk tahun ini Alhamdulillah tidak ada masalah,” kata Kepala Sekolah SMP IT Cordova, Sariko, Selasa (24/1/17).

Persiapan yang telah dilakukan adalah sudah memiliki 30 unit leptop yang nantinya akan digunakan dalam Ujian Nasional. “Ada 30 unit laptop yang kami siapkan untuk ujian nasional dan pihak yayasan juga berencana untuk menambah 15 unit lagi,” kata Sariko.

30 unit leptop tersebut untuk nantinya akan digunakan oleh 126 murid yang telah terbagi menjadi dua kelas. NamunSMP IT Cordova ini masih belum melakukan simulasi. Akan tetapi, kata Sariko, pihaknya optimis kalau muridnya akan siap dalam menghadapi ujian nanti karena sudah mendapatkan bekal pendidikan komputer dari sekolah.

Sariko mengatakan, walau sudah melakukan persiapan dari sekolah, akan tetapi masih ada beberapa kendala untuk Ujian Nasional mendatang. “Kendala dalam UNBK biasanya adalah listrik yang padam, jadi kita berharap untuk kelancaran lairan listrik selama UNBK. Selain itu, pernah ada sekolah yang berinisiatif menyiapkan generator listrik sendiri, tapi malah internetnya yang tidak bisa dikarenakan padam listrik tadi,” jelasnya.

baca juga :

Berita Hari Ini: Federasi Serikat Guru Sesalkan Moratorium Ujian Nasional Batal !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY