Ingat, Calon Peserta Pendaftaran SNMPTN 2017 Tak Akan Dipunggut Biaya!

    0
    147
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    UJian SBMPTN
    copyright©republika

    Ingat, Calon Peserta Pendaftaran SNMPTN 2017 Tak Akan Dipunggut Biaya!

    Lensaremaja.com – Sejak Selasa (21/2/17), pemdaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017 telah resmi dibuka. Jalur ini adalah jalur pertama yang dapat dilakukan oleh semua siswa yang akan masuk dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

    “Tahun ini prosentase kuota yang disediakan semua PTN di Yogyakarta sama, yaitu 30% untuk SNMPTN, 40% untuk SBMPTN, serta 30% untuk seleksi mandiri,” ujar Direktur Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM, Sri Peni Wastutiningsih, beberapa waktu lalu.

    Pihaknya yang telah melakukan sosialisasi dengan sekolah menengan keatas, hal ini akan dilakukannya bersama dengan para penitia SNMPTN dengan cara mengundang para kepala sekolah pada akhir Januari 2017 lalu.

    Peni mengatakan ada tiga jalur yang dapat dilakukan oleh siswa untuk menjadi mahasiswa baru, yaitu jalur SNMPTN berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik siswa, yang kedua adalah Seleksi Besama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBPTN) dengan cara melakukan ujian tulis dan ujian ketrampilan, dan Seleksi Mandiri yang diatur oleh masing-masing PTN.

    SNMPTN 2017
    Copyright©DATA SNMPTN | SBMPTN

    Sedangkan untuk awal melakukan seleksi dalam masuk PTN ini, siswa akan melalui jalur SNMPTN karena merupakan jalur seleksi yang telah diselenggarakan paling awal dari beberapa jalur untuk masuk sebagai mahasiswa baru dalam PTN.

    Jalur masuk PTN ini merupakan pola seleksi nasional yang berdasarkan pada hasil penelusuran yang telah dilakukan berdarsarkan prestasi akademik. Prestasi tersbut nantinya akan dilihat dari rapor mulai dari semester 1 hingga semester 5 bagi SMA/SMK/MA atau sederajat.

    Dan juga dilihat dari portofolio akademik yang telah dimiliki siswa selama duduk di bangku SMA atau sederajat. Rangkaian SNMPTN ini telah dumulai pada pertengahan Februari 2017. Dengan melakukan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PPDS).

    Untuk melakukan pendaftaran pada jalur ini telah diberikan waktu yang cukup panjang, yaitu dapat dimulai pada 21 Februari 2017 dan akan berakhir pada 6 Maret 2017.

    Sedangkan untuk proses pelaksanaan dalam jalur ini untuk masuk PTN, biaya pelaksanaan yang akan ditanggung langsung oleh pemerintah. Sehingga dengan ini peserta yang telah melakukan pendaftaran tidak akan dipungut biaya apapun.

    baca juga :

    Pendaftaran SNMPTN 2017 Dimulai Hari Ini, Berikut Jumlah Kuota 4 PTN di Yogyakarta

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY