Mengenal Apa Itu Equinox, Fenomena Langka yang Akan Menerpa Indonesia 21 Maret Mendatang!

    0
    1646
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    Equinox
    Copyright ©Antara

    Mengenal Apa Itu Equinox, Fenomena Langka yang Akan Menerpa Indonesia 21 Maret Mendatang!

    Lensaremaja.com – Pada 21 Maret dan 23 September Indonesia yang akan mengalami fenomena Equinox, dan dari beberapa kabar yang telah beredar kalau suhu udara yang berada di Indonesia akan mengalami kenaikan drastis hingga 40 derajat celcius.

    Dari keterangan Kapal Humas BMKG Hary Djatmiko mengatakan, kalau Equinox adalah salah satu fenomena astronomi yang dimana pada saat itu posisi dari matahari yang telah melintas di garis khatulistiwa.

    Jika dilihat secara periodic, adanya peristiwa Equinox ini akan terjadi dua dalam satu tahun, yaitu pada 21 Maret dan 23 September mendatang. Sedangkan waktu malam dan siang di seluruh bagian wilayah bumi pada saat terjadinya akan relative sama.

    “Saat fenomena ini berlangsung, di luar bagian Bumi hampir relatif sama, termasuk wilayah yang berada di subtropis bagian utara maupun selatan,” kata Hary di Jakarta, Rabu (15/3/2017).

    Akan tetapi, kata Hery, terkait dengan adanya fenomena tersebut tidak selalu menimbulkan peningkatan suhu yang cukup drastis. Diaman suhu udara yang berada di wilayah Indonesia yang telah mencapai 32-36 derajat celcius.

    Equinox
    Copyright ©liputan6

    Sehinggd dengan ini, adanya kejadian fenomena Equinox ini tidak sama dengan fonemen HeatWafe yang telah terjadi di Afrika dan Timur Tengah, dinama pada saat itu suhu udara yang telah mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

    “Equinox bukan merupakan fenomena seperti HeatWave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama,” kata dia.

    Sehingga dengan ini, BMKG yang telah beberikan himbauan kepada seluruh masyarakat untuk tidak perlu khawatir dengan adanya fenomena Equinox yang akan terjadi di Indonesia beberapa waktu ini, dan kekhawatiran dari dampak yang telah ditimbulkan.

    “Masyarakat untuk tidak perlu mengkhawatirkan dampak dari Equinox sebagaimana disebutkan dalam isu yang berkembang,” ungkapnya.

    Himbauan yang telah diberikan oleh BMKG ini dilakukan untuk memberikan tanggapan kalau adanya kabar menganai fenomena Equinox ini, yang menyatakan kalau suhu udara yang ada di Indonesia akan meningkat hingga 40 derajat celcius.

    baca juga :

    Fenomena Equinox Akan Melanda Indonesia Pada 21 Maret, Begini Penjelasan BMKG!

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY