Hasil Survei LSI Ungkap Anies Baswedan Menang di Pemilih Muslim, Ahok Kuasai Warga Pendidikan Tinggi!

0
722
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Pilkada DKI Jakarta Ahok-Djarot Anies-Sandi
Copyright ©Sindonews

Hasil Survei LSI Ungkap Anies Baswedan Menang di Pemilih Muslim, Ahok Kuasai Warga Pendidikan Tinggi!

Lensaremaja.com – Perilisian yang telah dikeluarkan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, menyatakan kalau pasangan cagub-cawagub Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang telah unggul dalam beberapa segmen yang ada, salah satunya adalah dari pemiliha muslim.

Sedangkan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat yang juga unggul di beberapa segmen, pasangan nomor urut dua ini unggul dalam segmen pemilih yang berpendidikan tinggi.

Peneliti LSI Denny JA, Adrian Sopa mengungkapkan, dari segmen mayoritas penduduk Jakatar yang muslim, pasangan Anies-Sandi yang telah memperoleh suara sebanyak 56,6 persen. Sedangkan hasil survei LSI ini, pasangan Ahok-Djarot kurang lebih 10 persen dengan 37,2 persen. Sedangkan yang belum menentukan pilihan ada 6,2 persen dalam survei Pilkada DKI Jakarta ini.

“Anies-Sandi unggul di pemilih muslim yang base sample-nya 89,7 persen. Sementara di pemilih nonmuslim dengan base sample 10,3 persen, Ahok-Djarot unggul 91,3 persen. Anies-Sandi di 5,7 persen dengan yang belum menentukan 3,0 persen,” kata Adrian di Kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (13/4/2017).

Dalam hasil surve LSI, Anies-Sandi unggul dalam pemilih segmen muda dengan lima bagian, rata-rata dalam rincian berisoa 19 tahun kebawah, dengan suara 59,3 persen dan Ahok-Djarot 33,9 persen. Pada usia 20-29 pasangan Anies-Sandi 49,4 persen dan Ahok-Djarot 44,9 persen.

Surat Suara Pilkada DKI
Copyright ©Republika

Pada usia 30-39, hasil survei LSI pasangan Anies-Sandi unggul 55,3 persen dan pasangan Ahok-Djarot 38,3 persen. Sedangkan 40-49 pasangan Anies-Sandi mendapatkan 59,4 persen dan pasangan Ahok-Djarot 59,4 persen.

“Tapi di pemilih lansia usia 50 tahun ke atas, justru Ahok-Djarot yang unggul dengan 52,0 persen. Sementara Anies-Sandi 43,1 persen,” ucapnya.

Pasangan Anies-Sandi juga unggul dalam segmen ekonomi, dari hasil survei LSI ini keunggulan tersebut terdapat pada semua pendapatan, mulai dari Rp 1 juta kebawah hingga yang telah memiliki gaji lebih dari Rp 3,5 juta.

“Untuk pertama kalinya pasangan Anies-Sandi mengalahkan Ahok-Djarot di pemilih penghasilan tinggi dengan 49,0 persen. Ahok-Djarot di 45,4 persen dengan yang belum menentukan pilihan 5,6 persen,” ujarnya.

Sedangkan dalam segmen pendidikan, hasil survei LSI menytakan kalau pasangan Ahok-Djarot lebih unggul dalam kelas yang pernah kuliah, dari hasil ini pasangan nomor urut dua ini mendapatkan 50,8 persen sedangkan Anies-Sandi mendapatkan 44,1 persen.

“Anies-Sandi unggul di pemilih berpendidikan rendah dengan kelas tamatan SD, SMP, dam SMA,” sambungnya.

Dari hasil survei LSI yang telah dirilisi ini telakukan pada 7-10 April 2017, dengan mengambil jumlah responden yang mencapai 440 partisipan. Sedangkan metode menggunakan multistage random sampling dengan margin of error dengan 4,8 persen.

baca juga :

Berita Terkini: Ini Harapan Relawan Ahok – Djarot Usai Debat Pilkada DKI Kedua!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY