Sebelum Masjid Raya Jakarta, Jokowi Resmikan Tol Akses Tanjung Priok Hari Ini!

0
497
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Tol Tanjung Priok
Copyright ©Istimewa

Sebelum Masjid Raya Jakarta, Jokowi Resmikan Tol Akses Tanjung Priok Hari Ini!

Lensaremaja.com – Pada hari ini Sabu (15/4/17), Selain melakukan peresemian bangunan Masjid Raya Jakarta yang sudah selesai dalam pembangunannya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga akan melakukan peresmian pada jalan tol akses Tanjung Priok yang sudah telah rampung dalam pengerjaannya.

Peresemian jalan tol Tanjung Priok tersebut dijadwalkan akan akan dilakukan Presiden pada pukul 14.00 Wib. Dalam agenda ini Presiden juga akan damping oleh beberapa menteri, diantaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Sebelumnya, bangunan ini sudah dilakukan uji beban yang mencapai 44 ton, setelah dilakukan peresmian pada jalan tol Tanjung Priok ini, maka bangunan dengan investasi hingga 5 triliun tersebut akan segera dioperasikan.

Seperti diketahui sebelumnya, kalau jalan tol Tanjung Priok ini adalah salah satu akses dari ruas tol yang merupakan bagian dari sistem jaringan tol Jabodetabek yang telah terbuhubung dengan tol longkaran luar Jakarta JOORR 2.

jokowi
Copyright ©Setkab

Jalan tol ini telah menghubungkan antaran lalulintas dari JOOR menuju ke Cawang, Pluit dan langsung terbuhung ke pelabuhan Tanjung Priok, dengan panjang yang mencapai 11,4 km. Sedangkan dalam pembangunan tol Tanjung Priok ini telah dibagi menjadi lima paket.

Diantaranya adalah, untuk rute Rorotan-Cilincing pada Seksi East 1 (E1) dengan panjang 3,4 km, pada Seksi East 2 (E2) dengan panjang rute 2,74 km dari Cilincing-Jampea. Untuk rute Cilincing-Sepang Jampea dengan panjang 1,92 km pada Seksi East (E2A). Pada Seksi North-Sauth Link (NS Link) dengan panjang 2,24 km pada dengan rute Yos Sudasono-Simpang Jampea.

Ada beberapa hambatan yang telah terjadi dalam pembagunan tol Tanjung Priok ini, bangunan yang telah dimuali pada 2008 tersebut menemui hambatan mulai dari lahan hinggan penggantian pada puluhan tiang penyangga jalan yang telah dianggap tidak sesai dengan apa yang sudah dispesifikasikan oleh pemerintah sebelumnya.

Dibutuhkan waktu kurang lebih satu tahun dalam penggantian tiang penyangga untuk tol Tanjung Priok ini. Dalam pembangunannya telah melibatkan beberapa kontraktor pelakasana proyek dari Kerja Sama Operasi (KSO) Indonesia Jepang, yaitu PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, Obayashi Corporation, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan Kajima Corporation.

baca juga :

Berita Terkini: ini Alasan Ahok Tak Ikut Dampingi Jokowi Resmikan Masjid Raya Jakarta di Daan Mogot!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY