Terungkap, Ini Penyebab Jumlah Peserta SNMPTN 2017 Turun!

    0
    257
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    SNMPTN 2017
    Copyright ©pojoksatu

    Terungkap, Ini Penyebab Jumlah Peserta SNMPTN 2017 Turun!

    Lensaremaja.com – Dalam jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPT) 2017 sudah ada 517.418 pendaftar. Namun hanya sekitar 101.906 siswa yang telah dinyatakan lulus dalam seleksi yang sudah diumumkan ini.

    BACA JUGA : Usai Lulus SNMPTN 2017, Ini Langkah Selanjutnya yang Harus Kamu Lakukan!

    Dilihat dari statistika dari segi jumlah pendaftar atau peserta yang telah diterima dalam Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam jalur SNMPTN 2017 ini, telah mengelami penurunan dibandingkan dengan SNMPTN 2016 lalu.

    Ketua Panitia Pusat SNMPTN 2017, Ravik Karsidi mengatakan, pada tahun lalu pendaftar pada jalur undangan ini mencapai 645.202 siswa. Sedangkan untuk yang telah dinyatakan lolos dengan jumlah mencapai 115.178 siswa.

    “Memang dari sisi kuota siswa yang boleh atau tidaknya mendaftar SNMPTN tahun ini lebih dibatasi. Misalnya, dulu sekolah berakreditasi A dibolehkan mengikutsertakan 70% siswa berprestasi, tetapi pada SNMPTN 2017 hanya diambil 50% siswa,” ucapnya pada saat di Jakarta, beberapa waktu ini.

    Dia juga telah mengatakan kalau beberapa sekolah dengan akreditas B yang hanya mengikut sertakan siswanya sebanyak 30 % pada SNMPTN 2017 ini  dibandingkan dengan sebelumnya yang mencapai 50%. Sedangkan untuk sekolah dengan akreditas C yang telah diberikan koata sebanyak 10% siswa berprestasi, sedangkan untuk tahun lalu yang mencapai 30 %.

    “Hal Ini berpengaruh pada jumlah pendaftar dan yang layak mendaftar SNMPTN begitu juga yang diterima. Pada dasarnya SNMPTN itu program apresiasi dari apa yang telah diraih siswa di sekolah. Program ini memberikan trust kepada sekolah,” ujarnya.

    SNMPTN
    Copyright©Beasiswa.web.id 2017/2018

    Terkait dengan adanya penurunan jumlah peserta pada SNMPTN 2017 ini, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti, Intan Ahmad mengungkapkan, memang pada tahun ini ada fluktasi, sehingga untuk koata mahasiswa yang telah diterima telah diserahkan kepada PTN, tetapi tetap pada aturan, yaitu miniml 30 % daya tampung pada setiap prodinya.

    “Fluktuasi junlah peserta SNMPTN perlu ada kajian lebih lanjut. Tahun ini agak turun, tapi tidak tahu tahun depan. Untuk kuota tergantung kampus, tetapi harus melihat mutu calon mahasiswa juga,” kata dia.

    Dia menjelaskan, kalau penurunan tersebut terjadi karena adanya dampak dari pesyaratan pendaftaran SNMPTN 2017  kepada SMA sederajat yang telah didasarkan kepada akreditasi. Bukan karena penurunan dari minat para peserta.

    “Memang ada perubahan penerimaan. Untuk sekolah dengan akreditasi A, dari 75 persen jadi 50 persen. Akreditasi B, dari 50 jadi 30 persen dan akreditasi C itu 10 persen,” jelas dia.

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY