Lebaran 2017 Jatuh Pada Tanggal 25 Juni, Perlukah Sidang Isbat Digelar?

0
31
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Ramadhan
Copyright ©klimg.com

Lebaran 2017 Jatuh Pada Tanggal 25 Juni, Perlukah Sidang Isbat Digelar?

Lensaremaja.com – Melalui Ditjen Bimas Islam, Kementerian Agama akan kembali menggelar sidang isbat (penetapan) awal bulan Syawal 1438 Hijriah atau Lebaran 2017. Direncanakan kalau sidang tersebut akah digelar pada Sabtu (24/5/17).

BACA JUGA : Sebelum Berangkat Mudik Lebaran 2017, Beberapa Hal Ini Wajib Kamu Perhatikan!

Pada jadwal yang sudah dibuat, dalam sidang isbat itu nantinya akan dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher. Dari mekanisme yang akan dijalankan dalam sidang, nantinya akan menetapkan kapan umat muslim Indonesia akan berhari Raya Idul Fitri.

“Sidang isbat awal Syawal akan dilaksanakan pada Sabtu, 24 Juni 2017 di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta,” ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Muhammad Thambrin, di Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Pihaknya mengatakan, kalau dalam sidang untuk menentukan hari Raya Idul Fitri ini, juga akan dihadiri oleh beberapa Duta Besar Negara Sahabat, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama

Malam Lailatul Qadar
Copyright ©tongkronganislami.net

Sidang isbat wujud kebersamaan Kemenag dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam menetapkan awal bulan qamariyah, terutama Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah,” ujar dia.

BACA JUGA : Ini Syarat Dapat Diskon 20% dari Jasa Marga Saat Mudik Lebaran 2017

Pada sidang nantinya, Kemenag pusat akan menerima sebuah laporan dari hasil pemantauan yang dilakukan untuk melihat hilal dari penjuru Indonesia. Jika dalam pemantauan tersebut, ada satu saja yang melihat hilal maka esok harinya sudah 1 Syawal.

Rangkaian sidang Isbat nantinya akan diawali dengan pemaparan yang akan dilakukan oleh Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, terkait dengan posisi hilal menjelang awal Syawal 1438H untuk menetukan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia.

Sedangkan untuk proses sidang ini, telah dijadwalkan akan dilangsungkan selepas salat Magrib setelah adanya laporan dari hasil rukyatul hilal di lokasi pemantauan. “Sidang isbat utama akan digelar tertutup untuk publik,” tuturnya.

BACA JUGA : Marhaban ya Ramadhan, Awal Puasa Ramadhan 2017 Masih Menunggu Sidang isbat Pemerintah!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY