Mengapa Hari Raya Idul Fitri Selalu Identik dengan Baju Baru? Ini Alasannya!

    0
    121
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    Baju Baru
    Copyright ©duitpintar.com

    Mengapa Hari Raya Idul Fitri Selalu Identik dengan Baju Baru? Ini Alasannya!

    Lensaremaja.com – Pada bulan Ramadan kita telah menjalani puasa selama satu bulan, dan pada akhirnya umat Islam akan merayakan hari kemenangan yaitu Idul Fitri. Namun pada setiap Lebaran di Indonesia telah menyimpan beberapa hal unik yang di lakukan oleh masyarakatnya.

    BACA JUGA : Berita Hari Ini: Jelang Hari Raya Idul Fitri 2017, Ruas Jalan di DKI Jakarta Dibanjiri Parkir Liar!

    Menjadi ulasan penting perihal adanya Lebaran pada tiap tahunnya. Salah satu keunikan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada Lebaran adalah membeli baju baru untuk nantinya dikenakan pada Hari Raya Idul Fitri.

    Pada saat pertanyaan seberapa perlukah baju baru pada saat Hari Raya Idul Fitri. Berbagai alasan telah dilontarkan oleh setiap individu. Banyak orang mengatakan, membeli baju jelang Lebaran ini merupakan sebuah tradisi yang tidak boleh untuk dilewatkan.

    Selain adanya alasan tersebut, banyak orang juga telah menilai kalau baju baru pada Hari Raya Idul Fitri ini sangat perlu untuk dilakukan, hal itu karena adanya faktor persaingan dengan orang lain yang juga telah menggunakan baju baru pada saat Hari Raya Idul Fitri.

    Baju Baru Untuk Lebaran
    Copyright ©tribunnews.com

    “Malulah kalau di hari lebaran kita pakenya baju yang itu itu terus, jadi tidak ada salahnya beli baju baru supaya tidak dikalah dengan orang lain,” kata Rima, seorang warga dari Kecamatan Abeli.

    BACA JUGA : Ini Alasan Presiden Jokowi Tetapkan Tanggal 23 Juni Jadi Cuti Bersama Lebaran!

    Namun, bagaiman hukum memakai baju baru di Hari Raya Idul Fitri menurut pandangan Islam?

    Di Indonesia sendiri, adanya tradisi mengenakan baju baru telah dikenal banyak orang sejak tahun 1596 lalu. Pada buku Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto menjelaskan kalau mayoritas kerajaan Banten telah sibuk untuk mempersiapkan baju baru mereka untuk menyambut hari raya.

    Rasulullah sendiri pernah mengatakan, ” Berpakaianlah sebaik mungkin di depan saudara dan saudarimu. Namun ketahuilah bahwasanya ini adalah pakaian orang yang tidak dapat bagian (di akhirat)” , Diriwayatkan oleh Bukhori, 948 dan Muslim.

    Sehingga dengan itu, sesungguhnya berpakaian sebaik itu perlu untuk dilakukan. Namun tidak perlu untuk membeli baju baru demi untuk terlihat menawan pada Hari Raya Idul Fitri.

    BACA JUGA : Ini Rute dan Harga Tiket Kereta Tambahan Lebaran 2017 yang Resmi Mulai Dijual Hari Ini!

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY