Berita Hari Ini: Begini Kronologis Hilangnya 4 Kru KRI Layang Saat Kawal Kapal Filipina !

0
369
Share on Facebook
Tweet on Twitter
kapal-kri-layang
Copyright ©jakartagreater

Berita Hari Ini: Begini Kronologis Hilangnya 4 Kru KRI Layang Saat Kawal Kapal Filipina !

Lensaremaja.comHilanya 4 kru KRI Layang pada saat melakukan pengawalan kapan ikan dengan bedera Filipina yang telah memasuki wilayah Indonesia tanpa adanya dokumen yang lengkap. Nasib dari para anggota TNI ini sampai saat ini masih belum ditehui keberadaannya.

Kadispen Armada Timur (Armatim) TNI AL Letkol (KH) Maman Sulaeman mengatakan, hilangnya 4 kru KRI Layang ini dilaporkan sejak Rabu (14/12/16). Kejadian tersebut setelah KRI Layang telah menemukan adanya Kapal Ikan Asing (KIA) Filipina denga nama Kapal Nurhana sehari sebelum di Perairan Talaud, Sulawesi.

“KRI Layang-635 dengan Komandan Letkol Laut (P) Nopriadi tergabung dalam Operasi Siaga Yudha-16 yang melaksanakan patroli di perbatasan Indonesia-Filipina, dalam operasi tersebut telah melaksanakan kegiatan pengejaran, penangkapan dan penyelidikan KIA bernama Nurhana asal Filipina,” ungkap Maman, Jumat (23/12/16).

“KIA Nurhana membawa 24 Warga Negara Asing (WNA) Filipina, dan tidak membawa muatan atau dokumen yang lengkap,” tambahnya.

Pada 13 Desember, hilangnya 4 kru KRI Layang -635 ini setalah mendapatkan kontak adanya KIA dengan bendera Filipina, pukul 17.15 WIT. Sehingga telah melakukan pemeriksaan. pada titik koordinat 05 49 LU-129 45 BT tim pemeriksa telah mebawa 24 WNA Filipina yang tidak membawa muatan dan dokumen lengkap.

Mereka dikawal menuju Lanal Melonguane, Talaud, Suluwesi Utara untuk mejalani pemeriksaan lebih lanjut. Kapal Nurhana ni dikawal oleh 4 kru KRI Layang, mereka adalah Letda Laut (P) Faisal Dwi A.R sebagai Kepala Tim Kawal, Serda Mes Rizky Dwi Zeptianto, Kelasi Kepala (KLK) Amo Dian Mahendra, Kelasi Dua (KLD) Isy Badnur Rohim.

kri-layang
Copyright ©indomiliter

“Kapal kawalan mampu bertahan selama 4-5 hari dengan cepat 5-8 knots. Tim Kawal KRI Layang membawa dua pucuk senjata laras panjang, empat magasen dan 60 butir amunisi tajam. Rencananya kapal akan tiba di Lanal Melonguane pada tanggal 15 Desember 2016 pukul 12.00 WIT,” terang Maman.

Pada pukul 18.30 WIT, setelah sampai di Lanal Melonguane, hilangnya 4 Kru KRI ini belum terjadi, mereka masih melakukan patrol menyusir sector ZEE. Hal ini dilakukan karena menurut informasi kru Kapal Nurhana, ada 10 KIA Filipina di 30 NM sebelah barat.

Pada 14 Desember, hilangnya 4 kru KRI Layang telah hilang tersebut, pada pukul 03.00 WIT masih memberika lapora.  Namun pada pukul 06.00 WIT mereka yang berada di Kapal  Nurhana sudah kehilangan kontak dengan KRI Layang.

Pukul 17.15 KRI Layang telah menjalin komunikasi dengan tim kawal di KIA Nuhana, akan tetapi posisi kapal kurang baik dan tidak jelas. Pihaknya yang terus melakukan pencarian dan melakukan koornisi dengan Gugus Tempur Laut Koarmatim (Guspurlatim) untuk pencarian besar-besaran kepada hilangnya 4 kru KRI.

“Hasil masih sama, KIA Nurhana belum bisa ditemukan,” tambah Maman.

baca juga : Berita Hari Ini: Pencarian 4 Awak Kapal Tenggelam Di Gresik Dilanjutkan Lagi !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY