Berita Hari Ini : Sempat terjadi Gempa Susulan, Kini Gempa 5.0 SR Goyangkan Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara !

Terjadi Gempa Susulan Di Garut, Kini Gempa 5.0 SR Juga Telah Guncang Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara !

0
208
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Gempa bumi

Terjadi Gempa Susulan Di Garut, Kini Gempa 5.0 SR Juga Telah Guncang Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara !

lensaremaja.comGempa bumi telah kembali melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Garut. Peristiwa tersebut merupakan susulan dari kejadian sebelumnya. Guncangan dirasakan warga sekitar pukul 22.23 WIB.

Peristiwa tersebut telah dirasakan oleh sejumlah warga yang ada di Kecamatan Cisewu, Caringin, Pameungpeuk, dan juga Cikelet. Menurut Kasubbag Humas Polres Garut, Ridwan Tampubolon yang mengungkapkan, pihaknya baru mendengar gempa susulan tersebut.

Saat ini pihaknya juga sedang memastikan tentang peristiwa tersebut. selain itu, di Kecamatan Cibalong pihaknya belum dapat melakukan kontak lewat pesawat HT. hal tersebut di karenakan adanya gangguan.

Namun masih dapat dihubungi melalui saluran telepon. Dan untuk sementara ini, kontak dengan anggota Polsek yang ada di Cibalong juga terputus. Sedangkan untuk Kecamatan Singajaya belum memberikan laporan.

Karena gempa yang pertama, banyak rumah warga yang ada di Desa Girimukti Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut retak. Ada sekitar 150 rumah warga yang mengalami keretakan tersebut. sementara itu, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Kabupaten Garut belum mengetahui lokasi titik gempa terjadi.

kepulauan talaud

Gempa yang pertama memang terjadi selama 15 detik dan guncangannya cukup kencang. Sedangkan yang kedua masih terasa sampai di perkotaan Garut. Dan yang ketiga hanya terasa di Kecammatan Cibalong yang memiliki durasi beberapa detik saja.

Mengenai informasi tentang keretakan sejumlah rumah tersebut belum dapat dipastikan. Akan tetapi, guncangan dari gempa ini telah menimbbulkan pergerakan tanah. Bukan hanya diwilayah Jawa Barat yang mengalami peristiwa ini, hari ini, Kamis, 7 April 2016, Kepulauan Talahud, Sulawesi Utara telah diguncang gempa dengan kekuatan 5,0 Skala Richter.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang menjelaskan jika peristiwa tersebut terjadi pada pukul 05.16 WIB. Untuk pusat gempa berada di kedalaman 11 km, pada 3.95 Lintang Utara dan 126.71 Bujur Timur. Letaknya sekitar 10 km di barat laut Kepulauan Talaud. Informasi sampai saat ini belum ada.

baca juga : Berita Hari Ini : Gempa 6.1 SR Goyang Peraiaran Selatan Jawa Barat, Getaran Sampai Hingga Jawa Tengah, Potensi Tsunami ?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY