Berita Hari Ini: BMKG Rilis Pernyataan Adanya Gempa Susulan Di Piddie Jaya !

0
54
Share on Facebook
Tweet on Twitter
gempa-aceh
Copyright ©viva

Berita Hari Ini: BMKG Rilis Pernyataan Adanya Gempa Susulan Di Piddie Jaya !

Lensaremaja.com – Sejak adanya gempa yang telah terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh yang memiliki kekuatan yang mencapai 6,5 SR, yang berdampak pada kerusakan bangunan dan beberapa orang yang telah menjadi korban.

Dari data BMKG yang menyatakan adanya gempa susulan setelah gempa yang terjadi di Aceh, gempa susulan tersebut terjadi dengan total jumlah yang mencapai 88 titik gempa. Namun gempa susulan tersebut memiliki kekuatan yang semakin menurun.

Menurut keterangan resmi yang telah diumumkan oleh BMKG ini pada Senin (12/12/16), ada kejadian peristiwa gempa susulan yang telah terjadi di Aceh, gempa tersebut terjadi pada dini hari tadi dan namun tidak memiliki seperti gempa pada sebelumnya.

Pada gempa tersebut memiliki kekuatan yang mecapai 3,5 SR yang berada di kedalaman hingga 10 km, dengan mimiliki episenter yang berjarak pada 28 tenggara Banda Aceh, sehingga dengn ini banyak warga yang telah merasa khawatir dengan adanya gempa susulan tersebut.

“Ada dugaan segmen Sesar Seulimeum yang menjadi pembangkit gempa ini, sehingga gempa bumi ini bukan merupakan gempa susulan Pidie Jaya. Gempa ini kekuatannya relatif kecil sehingga tidak membahayakan dan tidak berdampak signifikan di permukaan,” kata Kabid Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini BMKG Daryono lewat keterangan tertulis.

gempa
Copyright ©ilustrasi

Dalam catatan dari BMKG ini, menyatakan kalau ada setelah gempa pertama yang terjadi pada Rabu (7/12/16), ada beberapa gempa susulan yang mecapai 48 kali yang telah memiliki kekutan yang cukup rendah.

Kemudian gempa susulan juga telah terjadi pada Kamis (8/12/16), kali ini gempa yang telah terjadi berjumlah lebih sedikit 17 kali, dan juga memiliki kekuatan gempa yang cukup rencana.

Setelah itu pada Jumat (9/12/16) ada gempa susulan yang berluatan rendah dengan jumlah gempa sebanyak 9 kali. Sedangkan pada Sabtu (10/12/16) telah tejadi gempa yang berjumlah 7 kali dengan kekuatan yang sama pada gempa susulan sebelumnya.

Sedangkan pada Minggu (11/12/16) juga telah terjadi gempa susulan yang berjumlah 7 kali. Dan untuk hari ini, masih belum ada gempa yang dikategorikan sebagai susulan yang telah tercatat di BMKG.

“Belum munculnya gempa susulan di Pidie Jaya sejak dini hari tadi hingga Senin pagi ini menggambarkan frekuensi gempa susulan harian yang terus meluruh. Harapan kita proses release (pelepasan, -red) energi di zona gempa Pidie Jaya segera berakhir hingga kondisi tektonik menjadi stabil,” papar Daryono.

baca juga : Berita Hari Ini: Kedatangan Jokowi diantara Korban Gempa Aceh Mampu Jadi Pengobat Duka !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY