Gempa 3.7 SR Guncang Bandung, Getaran Masih terasa Sampai Garut!

0
24
Share on Facebook
Tweet on Twitter
gempa
Copyright ©ilustrasi

Gempa 3.7 SR Guncang Bandung, Getaran Masih terasa Sampai Garut!

Lensaremaja.com – Wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Tengah, telah dilanda gempa berkekuatan 3,7 skala Richter (SR). Peristiwa yang mengguncang kawasan tersebut terjadi pada pukul (18/7/17), sekitar pada pukul 12.58 WIB.

BACA JUGA : Info Gempa Hari Ini: Ini Daftar Kota yang Ikut Terguncang Gempa Sukabumi Berkekuatan 6,3 SR

Menurut data yang telah dihimpun di website BMKG, www.bmkg.go.id, diketahu kalau pusat gempa berada di darat 21 kilometer arah tenggara Kabupaten Bandung, dengan kedalam yang diperkirakan 10 kilometer.

“Dirasakan (Skala MMI) : IV Kamojang, II Solokanjeruk,” tertulis pada halaman depan website BMKG.

Kekuatan gempa juga telah dirasakan di beberapa daerah sekitarnya, salah satunya adalah Kabupaten Garut. Seperti di Desa Cimanganten, Tarogong Kaler, Garut, warga yang panik dan berhamburan keluar rumah pada saat merasakan adanya getaran yang cukup kuat daerah tersebut. Bahkan beberapa warga berteriak histeris lantaran ketakutan.

“Tadi saya lagi tiduran di ruang tamu, tiba-tiba ada goncangan yang keras. Saya langsung lari saja ke luar rumah dan berteriak agar warga lain pada keluar. Takutnya terjadi apa-apa,” kata Deri Parhan (23)  merupakan warga Perum BCA, Desa Cimanganten, Tarogong Kaler, Garut.

ilustrasi-gempa
Copyright ©ilustrasi

Terkait dengan adanya kejidian ini, Kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi mengatakan, “Akibat gempa, beberapa rumah mengalami kerusakan seperti retakan pada tembok dan lantai.”

BACA JUGA : Info Gempa Hari Ini: Gampa Berkekuatan 6,3 SR Guncang Sukabumi, Getaran Terasa Hingga Bogor

Pihaknya mengatakan, dari data sementera setelah adanya peristiwa ini, rumah yang mengalami kerusakan ringan berjumlah 41 rumah dan 6 rumah telah mengalami kerusakan berat. “Selain itu, dua bangunan masjid juga mengalami kerusakam,” tuturnya.

Dedi mengungkapkan, kawasan yang sebagian besar terkena dampak dari getaran gempa terdapat di RW 06 dan RW 07 Desa Laksana dan RW 07 Desa Ibun, Kecamatan Ibun. “Kami bersama pemerintah desa (setempat) masih melakukan pengecekan ke desa lainnya di wilayah Kecamatan Ibun,” ujar dia.

Untuk mengantisipasi adanya retakan yang lebih parah lagi, pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang rumahnya mengalami kerusakan untuk segera mengunggi ke tempat yang lebih aman atau ke rumah saudaranya.

“Kami menganjurkan bagi masyarakat yang mengalami kerusakan (rumah) berat agar menginap di rumah saudara terdekat dikhawatirkan ada gempa susulan,” tutupnya.

BACA JUGA : Gempa 6,6 SR Guncang Poso dengan 14 Kali Gempa Susulan, Ini Dampaknya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY