Menelisik Sejarah Hari Guru Nasional yang Ditetapkan Tanggal 25 November !

    0
    173
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    guru
    Copyright ©tribratanews

    Menelisik Sejarah Hari Guru Nasional yang Ditetapkan Tanggal 25 November !

    Lensaremaja.com – Pada setiap tanggal 25 November seluruh Indonesia memperingatinya sebagai Hari Guru Nasional. Hal ini sudah ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia yang berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

    Akan tetapi, dibalik penetapan Hari Guru Nasional ini ada sebuah sejarah panjang hingga penetapannya jatuh pada tanggal 25 November, yang juga merupakan hari lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

    Momentum ini berawal dari perjuangan dari guru Tanah Air melalui Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912. Dalam hal ini, organisasi uniteristik beranggotakan guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah.

    Banyak dari mereka yang menjalankan tugasnya di Sekolah Desa dan Sekolah Rakya Angka Dua. Pada masa ini juga, banyak berkembang berbagai organisasi guru yang memiliki latar belakang seperti keagamaan, kebangsaan, dan lain sebagainya.

    Selang dua dekade, nama PGHB yang berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Sehingga dengan ini telah mengejutkan Belanda, karena dalam organisasi tersebut ada kata “Indonesia” yang melambangkan semangat kebangsaan yang tidak disukai oleh Belanda.

    Namun sebaliknya, kata “Indonesia bagi para guru dan bangsa Indonesia sangatlah didambakan. Sehingga dengan hal ini mendorong Kesadaran kebangsaan dan semangat perjuangan untuk memperjuangkan persamaan hak dan posisi dengan pihak Belanda.

    guru
    Copyright ©harianterbit

    Sehingga menghasilkan kepala HIS yang dulu selalu dijabat oleh Belanda, satu per satu dijabat oleh Indonesia. Pada waktu inilah perjuangan guru tak lagi untuk perbaikan nasib, dan persamaan hak dan posisi dengan Belanda, tetapi telah berubah menjadi perjuangan nasional dengan semangat “Merdeka”.

    Dalam sejarag Hari Guru Nasional ini telah berubah pada penjajahan Jepang, karena semua organisasi dan juga sekolah ditutup. Namun setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, PGI kembali muncul, dan mereka telah mengadakan Kongres Guru Indonesia dilakukan pada 24-25 November 1945 di Surakarta.

    Dalam kongres ini, semua peserta kongres sepakat untuk penghapusan organisasi atau kelompok guru dengan latar belakang yang berbeda. Sehingga inilah salah satu bentuk dari persatuan guru seluruh Indonesia. Yang menjadi penetapan Hari Guru Nasional.

    Sehingga pada tanggal 25 November inilah akhirnya mereka sepakat untuk menginisasi kelahiran Persatuan Guru Republik Indonesai (PGRI). Pada saat itulah pemerintah melakukan penetapan hari lahir PGRI sebagai Hari Guru Nasional.

    baca juga :Makna yang Terkandung Dalam Sejarah 10 November 1945 Hingga Diperingati Jadi Hari Pahlawan !

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY