Berita Hari Ini: MUI Kaji Perihal Shalat Jumat di Jalan Ketika Demo 2 Desember Nanti !

0
284
Share on Facebook
Tweet on Twitter
ketua-mui-kh-maruf-amin
Copyright ©konfrontasi.

Berita Hari Ini: MUI Kaji Perihal Shalat Jumat di Jalan Ketika Demo 2 Desember Nanti !

Lensaremaja.com – Terkait dengan aksi demo 2 Desember yang rencananya akan dilakukan di jalan protokol, Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin. Dalam aksi tersebut salah satunya adalah beragendakan mengadakan shalat jumat pada tempat tersebut.

Dengan ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang pada kali ini telah melakukan kajian aturan terkait dengan agenda yang akan dilakukan pada demo 2 Desember tersebut, salah satunya adalah melakukan shalat jumat di jalan.

Ketua MUI Ma’ruf Amin mengatakan, terkait dengan adanya agenda yang akan dilakukan tersebut, pihaknya kini masih melakukan pemantauan dari perkembangan situasi terkini. Karena menurutnya, terkait dengan shalat Jumat yang dilakukan oleh para demonstran di jalan raya tersebut hanya masih sebatas wacana.

“Iya tapi kan kita lihat perkembangannya. Kalau benar mau (salat) di jalan, kita keluarin (fatwa). Nah kalau memang perlu, besok kita keluarin,” kata Ma’ruf, Senin (18/11/16).

Walau demikian, pihaknya juga mengatakan masih akan terus menunggu perkembangan situasi yang terjadi yang telah diberikan oleh pihak dari kepolisian, yang telah melakukan pemantauan untuk mendapatkan situasi terkini.

Polri yang telah mengeluarkan himbauan untuk beberapa pihak yang akan melakukan demo 2 Desember untuk tidak melaksanakan shalat Jumat di jalan raya, karena hal ini nantinya akan berdampak pada kemacetan lalu lintas yang akan terjadi dan juga beberapa ketertiban umum lainnya.

demo-ahok
Copyright ©kompasmetro

“Kan belum jelas apa ada, apa ada yang Jumat di jalanan itu? Kan belum, belum pasti, kita pastikan dulu, ya kita pastikan dulu, nanti kalau ada kita keluarin. Kita nunggu polisilah,” kata Ma’ruf.

Ma’Ruf juga telah menegaskan, bahwa Komisi Fatwa MUI untuk nantinya tidak dapat diinterverensi untuk hal mengeluarkan fatwa, dan hal ini adalah murni dari fatwa sendiri.

“Enggak boleh diintervensi siapa-siapa, murni komisi fatwa,” ujar Ma’ruf.

Sedangkan, Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid mengatakan Komisi Fatwa MUI yang mengaku, masih melakukan kajian terkait dengan agenda shalat Jumat di jalan raya pada aksi demo 2 Desember tersebut.

“Masih dikaji. Nanti saya cek lagi coba,” singkat Zainut.

Sebelumnya, anggota GNPF MUI yang juga Sekjen Front Pembela Islam (FPI) Novel Bamukmin mengatakan, kalau dalam aksi demo 2 Desember terseber tersebut menjamin bukanlah kegiatan demonstrasi. Dia juga telah memastikan tidak akan melakukan orasi dan long march pada aksi tersebut.

“Kita tunduk fatwa MUI yang memfatwakan baik manfaat atau mudharatnya kita ikuti karena kita mengawal Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI,” ucap Novel.

baca juga :Walau TakDapat Dukungan MUI, Rizieq Syihab Tetap Ngotot Aksi Demo 2 Desember ?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY