Makna yang Terkandung Dalam Sejarah 10 November 1945 Hingga Diperingati Jadi Hari Pahlawan !

    0
    2366
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    hari-pahlawan
    Copyright ©aktualita

    Makna yang Terkandung Dalam Sejarah 10 November 1945 Hingga Diperingati Jadi Hari Pahlawan !

    Lensaremaja.com – Pada 10 November seluruh rakyat Indonesia telah memperingati sebagai Hari Pahlawan. Pada beberapa tahun lalu pada tanggal yang sama pertempuran yang telah terjadi antara tentara Indonesia dengan Inggris yang telah membawa perlengkapan perang lengkap dengan sebuah pesawat.

    Pertempuran ini berawal pada tanggal 27 Oktober sampai 20 November 1995, dan dari sisi Indonesia telah memiliki pasukan tentara berjumlah 20.000 infanteri dan 100.000 pasukan milisi yang ada dalam pertempuran tersebut.

    Awal munculnya Hari Pahlawan adalah berasal dari hasil deklarasi kemerdekaan Indonesia yang dulakukan oleh Soekarno dan Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945. Hal tersebut dinyatakan setelah Jepang menyerah pada perang pasifik yang dilakukan.

    Perang ini berawal dari pesawat Inggris yang telah terbang di Jakarta yang memberikan peringatan untuk tentara Indonesia supaya menyerahkan senjata mereka, dan ini telah membuat geram karena telah melanggar kesepakatan yang dibuat oleh Wallaby pada tanggal 28 Oktober.

    Dengan ini pihak Inggris telah mengadakan negosiasi kepada Indonesia dengan mengundang Soekarno, Hatta, & Amir Syarifuddin, hingga tercapailah kesepakatan untuk damai dari kedua belah pihak dalam pertemuan tersebut.

    ilustrasi-hari-pahlawan
    Copyright ©ilustrasi

    Akan tetapi kembalinya perang pada tanggal 30 Oktober 1945 karena tidak adanya rasa percaya dari kedua belah pihak dan juga komunikasi yang buruk. Kala itu A.W.S Mallaby melakukan perjalanan ke Surabaya untuk memberitakan kepada tentaranya terkait gencatan senjata yang telah disetujui.

    Pasukan Indonesia yang di pandang sebelah mata orang Inggris adalah tentara yang berani mati, karena pihak Inggris tidak boleh anggap remeh dengan tentara Indonesia. Sehingga dengan ini pertempuran terjadi hingga menewaskan 6.000-16.000 tentara dan juga 200.000 rakyat sipil yang telah mengungsi di Surabaya.

    Makna dari Hari Pahlawan ini adalah walau kita tidak harus mengangkat senjata untuk mempertahankan negara Indonesia, kita harus tetap menghargai jasa-jasa pahlawan dan juga tetap melanjutkan misi dari pahlawan Indonesia.

    Sehingga Hari Pahlawan ini untuk mengingat perjuangan para pahlawan yang telah memberikan jasanya kepada Indonesia, dan kita harus meneruskan misinya dengan cara membangun Indonesia untuk lebih baik lagi dalam segala bidang.

    Dan hikmah dari Hari Pahlawan ini adalah supaya menjadi pelajaran seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap berjuang tanpa adanya rasa takut. Sehingga dapat menjadikan Indonesia menjadi lebih baik lagi.

    baca juga : Berita Terbaru : Napak Tilas Perjalanan Jokowi dan Ridwan Kamil, Saat Peringati Hari Lahir Pancasila Di Sel Bung Karno !

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY