Inilah Penampakan Kota Jakarta Baru ‘Meikarta’ Senilai Rp 278 Triliun Ciptaan Lippo Group!

0
497
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Lippo Group
Copyright ©Nusantarannews

Inilah Penampakan Kota Jakarta Baru ‘Meikarta’ Senilai Rp 278 Triliun Ciptaan Lippo Group!

Lensaremaja.com – Niatan Grup Lippo untuk melakukan pembangunan kota baru berskala Internasional. Untuk nantinya nama dari kota tersebut adalah ‘Meikarta’ dengan nilai proyek yang mencapai 278 triliun.

BACA JUGA : Soal Pemindahan Ibu Kota, Jokowi Pilih Palangkaraya dan Jusuf Kalla Setuju Mamuju, Begini Tanggapan Pengamat!

“Lippo ingin membangun Kota Jakarta yang baru, yang infrastrukturnya dan sofistikasi berskala internasional. Kami harapkan jadi kota terindah dan terlengkap di Asia Tenggara. Setiap gedung baru yang digambar adalah yang real yang akan dibangun,” ungkap CEO Lippo Group, James Riady, dalam konferensi pers di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (4/5/2017). ‘

Untuk Meikarta yang sudah direncanakan akan diluncurkan pada 13 Mei 2017 mendatang. Sebelumnya, kalau pada awal tahun lalu terkait dengan proyek ini sudah mulai dalam pembangunan.

“Sekarang ini baru sungguh-sungguh secara masif dibangun pada saat yang sama. Sesudah persiapan, kita memberanikan diri menyatakan kesiapan. Launching akan dilakukan Sabtu, 13 Mei 2017 di Jakarta bagian timur,” tutur James.

James mengatakan, kalau sekarang ini untuk seluruh pendanaan dari kebutuhan dalam proyek ini masih dalam penanggungan sepenuhnya oleh perusahaan dari kas anak usaha, yaitu dari Lippo Cikarang, Lippo Karawaci, Siloam Hospital, dan Matahari Department Store.

Terlebih untuk Lippo Cikarang yang beberapa waktu ini telah digadang-gadang akan melakukan penggarapan secara langsung pembangunan Meikarta ini. Sehingga semua aktivitas di Lippo yang diproyeksikan menjadi satu dengan proyek pembangunan kota baru ini.

“Kami sudah sisihkan Rp20 triliun untuk mulai pembangunan enam sampai sembilan bulan ke depan,” kata James.

Meikarta
Copyright ©detikFinance

Terkait dengan hal itu, kata James, Grup Lippo telah membuka selebar mungkin untuk memasukkan dana segar ke pada proyek pembangunan Meikarta ini, yang telah diklaim akan dapat menyaingi Ibu Kota DKI Jakarta.

“Kami sangat demokratis dalam pembangunan dengan mengajak ratusan ribu investor. Tidak hanya satu kerja sama (single joint venture),” ujarnya.

Sedangkan untuk beberapa investor yang beberapa waktu ini telah dilirik oleh Grup Lippo ini, diantaranya adalah dari Singapura, Taiwan, Hong Kong, China, Korea Selatan, Qatar hingga pada Eropa.

Untuk sekarang ini, beberpa investor asing yang telah memiliki minat untuk dalam proyek Meikarta inim yaitu beberapa perusahan multinasional yang telah memiliki perusahaan perwakilan di Indonesia. Terlebih sudah ada perusahaan-perusahaan yang menekan perjanjian.

“Ada Mitsubishi, Toyota, Sanko, dan lainnya. Untuk Toyota, kami sudah joint venture untuk selesaikan proyek. Jadi, kemitraan bentuknya bisa joint venture, pre-selling, menerbitkan surat utang karena pendanaan ada dari Lippo,” kata dia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY