Berita Terkini: Gempa Guncang Lebong Bengkulu 5,5 SR Susul Getaran Laut Selatan Jawa 4,9 SR, Ini Penyebabnya!!

Peristiwa Gempa Telah Guncang Lebong Bengkulu 5,5 SR Susul Getaran Laut Selatan Jawa 4,9 SR, Ini Penyebabnya!!

0
124
Share on Facebook
Tweet on Twitter
gempa

Peristiwa Gempa Telah Guncang Lebong Bengkulu 5,5 SR Susul Getaran Laut Selatan Jawa 4,9 SR, Ini Penyebabnya!!

lensaremaja.comGempa telah mengguncang Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu pada Selasa, 29 MAret 2016 sekitar pukul 13.24 WIB.  Guncangan dengan kekuatan 5,5 SR tersebut memiliki lokasi di 2.95 Lintang Selatan dan 102.16 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di 22 km barat laut Lebong, Bengkulu dan memiliki kedalaman 182 km. menurut Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kepahingan Bengkulu, Litman yang menyatakan jika peristiwa tersebut berpusat di Kabupaten Lebong.

Peristiwa terebut diakibatkan karena adanya aktifitas subduksi Indonesia – Australia dan juga Eurasia. Litman juga menjelaskan jika gempa darat ini di sebabkan juga karena adanya pergeseran segmen ketahun yang terletak di sesar Sumatera.

Bahkan guncangan telah dirasakanan sampai Kota Bengkulu, Kabupaten Rejang Lebbong dan juga Kabupaten Kepahingan. Akan tetapi sampai saat ini belum diketahui dengan pasti tentang dampak dari guncangan gempa tersebut.

bengkulu

Walaupun hanya berlangsung sebentar, sebagian warga Kota Bengkulu mengaku merasakan guncangan tersebut. Karena getaran yang dirasakan cukup kuat, para warga sempat berlari keluar rumah.

Karena Kota Bengkulu berada di kawasan pertemuan antara lempeng aktif Indo-Australia dan Eurasia, tak hera jika sering dilanda gempa. Akan tetapi bukan hanya di Kota Bengkulu, pagi tadi laut selatan pulau Jawa juga telah terguncang.

Guncangan gempa terasa sampai Yogyakarta dan sekitarnya. Menurut BMKG peristiwa yang terjadi tersebut datang dengan kekuatan 4,9 Skala Richter. Terjadi sekitar pukul 03:43:25 WIB. Lokasinya berada di koordinat 8.40 LS dan 109.41 BT atau 85 km arah barat daya dari wilayah Kebumen Jawa Tengah.

gempa yogya

Dengan kedalaman 23 km gempa tersebut berada di Samudera Hindia. Getaran juga dirasakan sampai di Bantul, Yogyakarta walaupun hanya beberapa detik. Getaran yang dirasakan dengan kekuatan sekitar II-III MMI.

Menurut informasi yang telah didapat, sampai saat ini belum ditemukan kerusakan ataupun korban dari kejadian gempa yang ada di Kota Bengkulu maupun Selatan Pulau Jawa tersebut.

baca juga : Berita Tetrkini : Gempa Bumi Guncang Sumba Barat 4,7 SR, Beruntun Dari Skala Sedang Hingga Kuat!!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY