Berita Hari Ini : Bocor Kunci Jawaban UN, Walikota Depok Himbau ‘Jangan Percaya’ UNBK Ternate Terganggu Pasokan Listrik !

Masalah Bocor Kunci Jawaban UN, Walikota Depok Himbau 'Jangan Percaya', UNBK Ternate Terganggu Pasokan Listrik !

0
780
Share on Facebook
Tweet on Twitter
UN

Masalah Bocor Kunci Jawaban UN, Walikota Depok Himbau ‘Jangan Percaya’, UNBK Ternate Terganggu Pasokan Listrik !

lensaremaja.com– Tidak menjadi hal yang baru pada setiap pelaksanaan UN (Ujian Nasional) kerap kali beredar kunci jawaban maupun kebocoran soal dari pihak tertentu. Menanggapi hal ini, Walikota Depok, Idris Abdul Shomad telah meminta para siswa untuk tidak mempercayai kunci soal yang kemungkinan beredar.

Karena kunci jawaban UN tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pihaknya meminta agar siswa lebih percaya dengan diri sendiri. Kebocoran soal maupun kunci jawaban UN 2016 dikhawatirkan rentan terjadi pada Ujian dengan basis kertas.

Idris menghimbau agar siswa maupun pihak pendidik tidak mempercayai pada oknnum yang sengaja menjual kunci jawaban tersebut. Karena orang-orang tersebut tidak bertanggungjawab dengan apa yang selanjutnya terjadi.

Sedangkan informasi dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Herry Pansila juga telah menegaskan, siswa lebih optimis dan akan mudah mengerjakan UN 2016 jika didahului dengan sejumlah latihan soal atau try out.

UNBK

Pihaknya juga meminta agar siswa tetap menjunjung tinggi kejujuran dan juga nilai integritas ketika mengerjakan soal. Sementara itu, pihak pelaksanaan UN Berbasis Komputer di SMAN 1 Kota Ternate, Maluku Utara, sempat terganggu karena masalah listrik.

Sekretaris UN Provinsi Maluku Utara, Ajid Tuhateru telah menjelaskan jika Ujian yang dilakukan di satu ruangan dari 3 ruangan UNBK harus mengalami molor dari jadwal yang telah ditentukan mulai pukul 07.30.

Pasalnya, pasokan listrik pada ruangan tersebut telah mengalami penurunan voltase. Akhirnya UN pun tertunda beberapa menit, namun tidak lama. Karena masalah tersebut telah segera diselesaikan oleh pihak PLN setempat.

Walaupun sempat tertunda, pihak panitia tetap menyesuaikan jadwal agar siswa tidak merasa dirugikan. Ajid juga mengungkapkan jika UN 2016 ini, hanya 17 sekolah dari 920 yang menjalani UNBK. Sedangkan untuk jumlah siswa keseluruhan ada 40.728 siswa yang tersebar di sepuluh kabupaten ato kota.

Sampai saat ini belum ada lagi laporan tentang gangguan yang terjadi selain SMAN 1 Ternate ini.

baca juga : Berita Terkini: Pelaksanaan UNBK 4-7 April, SMKN 1 Sambas Siapkan Genset 4 KW, Meski PLN Tak Akan Padamkan Listrik !!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY