Berita Hari Ini: Gempa 6.6 SR Guncang Sumba Barat Data, Warga Denpasar Rasakan Getarannya !

0
169
Share on Facebook
Tweet on Twitter
ilustrasi-gempa
Copyright ©okezone

Berita Hari Ini: Gempa 6.6 SR Guncang Sumba Barat Data, Warga Denpasar Rasakan Getarannya !

Lensaremaja.com – Pada hari ini Jumat (30/12/16),  telah terjadi sebuah gempa yang berkekuatan 6,6 SR yang telah terjadi pada Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), peristiwa tersebut telah dirasakan oleh para warga sekitar walayah tersebut pada pukul 05.30 Wita.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Kupang Hasanudin mengungkapkan, pusat gempa yang berada di lokasi 9,37 derajat Lintang Selatan (LS) dan 118,63 derajat Bujur Timur (BT).

Gempa Sumba tersebut berada pada kedalaman 91 kilometer. Sedangkan pusat gempa dengan kekuatan 6,6 SR ini berada sekitar 59 kilometer yang berada pada titik barat laut, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Ternyata dari keterangan yang telah diberikan oleh sumber situs resmi bmkg.go.id, gempa Sumbayang telah terjadi pada pagi hari tadi selain dirasakan oleh warga sekitar wilayah tersebut, guncangan juga telah terasa hingga ke Bali.

Salah seorang warga di Monang-maning, Denpasar, Yeni pada saat dirinya dikamar tempat tinggalnya tersebut, kamarnya terasa sekali getaran pada pagi hari tadi, dirinya yang saat itu merasakan getaran tersebut walau tidak terlalu kuat.

gempa
Copyright ©ilustrasi gempa

Bahkan getaran dari gempa Sumba tersebut membuat siara gemertak dari atas atap dari kamar Yeni, menurut keterangan yang telah diberikannya, atap tersebut terdengar seiringan dengan terjadinya guncangan yang telah terasa di rumahnya.

Selain itu, salah beberapa warga dari Sesetan dan bilangan Gatot Subroto yang mengatakan kalau mereka juga merasakan getaran dari gempa Sumba tersebut, hingga getaran itu membuat kaca rumah mereka berderit.

“Kaca jendela agak berderit tadi,” kata salah satu warga di Denpasar.

Terkait dengan adanya gempa Sumba yang berkekuatan 6,6, SR ini telah dirasakan di beberapa wilayah di Bali, sehingga dengan ini banyak orang yang telah ramai memperbicangkan getaran dari gempa ini yang hingga ke Bali pada group-group WhatsApp.

Tidak hanya itu, salah satu pengguna akun media sosial Facebook (FB) yang  juga telah mengaku merasakan getaran dari gempa Sumba tersebut, pada awalnya dirinya mengaku getaran tersebut hanyalah parasaannya saja, karena pada saat itu dirinya baru saja terbangun dari tidur nya.

baca juga : Berita Hari Ini: Aceh kembali Diguncang Gempa 4.9 SR Dini Hari Tadi !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY