Berita Hari Ini: Panasnya Aleppo Warnai Rumutnya Konflik di Timur Tengah !

0
651
Share on Facebook
Tweet on Twitter
aleppo
Copyright ©AFP

Berita Hari Ini: Panasnya Aleppo Warnai Rumutnya Konflik di Timur Tengah !

Lensaremaja.com – Dalam hal mengambil alih Allepo oleh pemerintah Suriah adalah salah satu hal yang kecil jika dibandingkan konflik yang telah terjadi di Timur Tengah. Memang sudah tidak bisa dipungkiri kalau wilayah ini memang identik dengan konflik.

Timur Tengah adalah wilayah yang dilihat secara politis dan budaya yang merupakan bagian dari benua Asia atau Afrika-Eurasia. Sedangkan untuk pusat dari wilayah tersebut bereda pada daratan diantara laut Mediternia dan Teluk Persia, dan juga beberapa wilayah yang memanjang dari Anatolis, Jazirah Arab, dan Semenanjung Sinai.

Banyak media dan beberapa organisasi Internasional seperti halnya PBB umunya telah beranggapan wilayah di Timur Tengah ini merupakan Wilayah dari Asia Barat Daya (termasuk dengan Siprus dan Iran) dan juga ditambah dengan wilayah Mesir.

Banyak kponflik yang telah terjadi di wilayah Timur Tengah, hingga tahun ini masih ada tujuh wilayah yang masih terlihat bergejolak, dan masih ada belum penyelesaiannya dan masih bersitegang, salah satunya adalah masalah perebutan Aleppo.

Perang sipil Suriah, pemberontak yang telah melakukan perlawanan kepada pemerintah Assad, dalam konflik yang terjadi ini juga telah diwarnai dengan muculnya kelompok-kelompok ekstream muslim, seperti ISIS.

Selain adanya konglik dalam perebuatan Aleppo ini, ada juga lima wilayah yang masih bergejolak hingga saat ini, seperti Libya, Yaman, Irak, Mesir dan Lebanon. Dan satu lagi konflik yang tengah terjadi sejak 1948 antara Israel-Pelestina yang tidak ada habisnya.

Masalahnya, konflik yang telah terjadi pada wilayah Timur Tengah ini bukan hanya dari pemerintah negara yang bersangkutan dengan pemberontak yang ada seperti di Aleppo. Atau halnya seperti negara yang telah melakukan perlawanan dengan negara lainnya seperti Israel dan Palestina.

konflik-timur-tengah
Copyright ©liputan6

Konflik yang tengah terjadi pada wilayah Timut Tengah ini lebih rumit dari pada apa yang terjadi di Aleppo. Karena dalam hal ini banyak pihak yang telah terlibat didalamnya karena adanya kepentingan masing-masing.

Banyak hal yang telah melatar belakangi adanya konflik yang tengah terjadi di wilayah Timur Tengah, salah satunya di Aleppo. Faktor yang telah melatar belakangi adalah ekonomi, budaya, agama, ideologi, politik, bahkan juga sekte dan aliran yang sekarang ini saling berjalin berkelindan dan sudah campuk aduk menjadi satu.

Beberapa ahli juga mengungkapkan, bahakan tidak hanya itu, persaingan geopolitik, yang berkaitan dengan minyak, adalah salah satu faktor utama dengan adanya banyak pihak yang telah ikut campur dalam urusan Timur Tengah ini.

baca juga : Berita Hari Ini: Evakuasi Dihentikan, 350 Warga Berhasil Keluar Aleppo !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY