Info Gempa Hari Ini: Gempa 5,3 SR Guncang Cilacap Terasa Hingga Yogyakarta, Ini Analisis BMKG!

0
20
Share on Facebook
Tweet on Twitter
skala-gempa
Copyright ©metrotvnews

Info Gempa Hari Ini: Gempa 5,3 SR Guncang Cilacap Terasa Hingga Yogyakarta, Ini Analisis BMKG!

Lensaremaja.com – Daerah yang berada di Cilacap, Jawa Tengah telah diguncang gempa dengan kekuatan 5,3 Skala Ritcher. Kejadian gempa telah dirasakan warga sekitar pada pukul 23.14 WIB. Banyak warga yang telah merasakan adanya getaran yang cukup kuat.

BACA JUGA : Gempa 5.1 SR Terjadi Di Barat Daya Gunung Kidul, getaran meluas Sampai Bantul!

Dari keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa Cilacap terjadi pada Kamis 3 Agustus 2017, sekitar pada pukul 23.14 WIB. Titik gempa yang berpusat di 8,41 Lintang Selatan, 108,99 Bujur Timur dan memiliki kedalaman yang mencapai 22  km. Pusat gempa hari ini di laut 79 km Barat Daya Cilacap.

“#Gempa Dirasakan Mag:5.3 SR, 03/08/2017 23:14:23 (Pusat gempa di laut 79 km Baratdaya Cilacap), Kedlmn:22 Km #BMKG,” tulis dalam pengumuman BMKG lewat akun Twitternya, @infoBMKG, Jumat (4/8/17).

Sedangkan pada tingkat guncangan gempa hari ini menurut BMKG, dampak gempa berupa guncangan yang telah terjadi di beberapa daerah, seperti Cilacap, Bantul, Yogyakarta, Kulon Progo, Pangandaran, dan Kebumen dengan skala intensitas II SIG-BMKG (III MMI). Untuk daerah pacitan juga telah merasakan adanya guncangan dari gempa hari ini dengan skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI).

ilustrasi-
Copyright ©ilustrasi

“Banyak warga yang belum tidur di wilayah tersebut panik, dan beberapa diantaranya sempat berlari keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa,” kata Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulis, Jumat (4/8/17).

BACA JUGA : Gempa 3.7 SR Guncang Bandung, Getaran Masih terasa Sampai Garut!

Pihaknya menjelaskan, jika dilihat dari kedalaman hiposenternya, gempa dengan kedalaman 62 km ini merupakan gempa bumi dengan kedalaman menengah, sehingga spektrum guncangan dari gempa hari ini telah dirasakan di beberapa wilayah yang cukup luas.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault). Meskipun terjadi di laut dengan mekanisme sumber sesar naik, tetapi hasil pemodelan menunjukkan tidak berpotensi tsunami,” pungkasnya.

Daryono mengatakan, dari hasil monitoring BMKG terkait dengan gempa hari ini, masih belum adanya tanda yang menunjukan ada gempa susulan. Sehingga masyarakat diminta untuk tetap tenang.

“Kepada masyarakat di wilayah selatan Jawa Tengah dan Yogyakarta, diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tutur Daryono.

BACA JUGA : Info Gempa Hari Ini: Ini Daftar Kota yang Ikut Terguncang Gempa Sukabumi Berkekuatan 6,3 SR

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY