Berita Hari Ini: Imbas Harga Garam Naik, Ikan Asin Ikut Melejit!

0
13
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Ikan Asin
Copyright ©beritadaerah

Berita Hari Ini: Imbas Harga Garam Naik, Ikan Asin Ikut Melejit!

Lensaremaja.com – Beberapa pekan ini harga garam diketahui mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Dampak dari kenaikan tersebut adalah ikut melonjaknya harga ikan asin di pasar-pasar tradisional di Temanggung beberapa hari ini.

BACA JUGA : Berita Terkini: Jelang Akhir Pekan, Harga Cabai Merah Keriting Merangkak Naik!

Misalnya untuk harga ikan asin yang dijual di Pasar Kliwon Rejo Amertani, yang diketahui rata-rata sudah mengalami kenaikan sebesar Rp 4.000 hingga Rp 5.000 untuk per kilogram. Hal ini tergantung dari jenis dan barangnya.

“Tergantung dari jenis dan kualitas barang, juga besar kecilnya,” kata penjual ikan asin di Pasar Kliwon Rejo, Gunawan,  Rabu (2/8/17).

Dia juga telah menjelaskan beberapa jenis ikan asin yang mengalami kenaikan pasca adanya kenaikan harga garam, diantaranya adalah ikan asin jenis layur yang memiliki kualitas terbaik telah mengelami kenaikan dari Rp 48.000/kg menjadi Rp 53.000/kg.

Sedangkan untuk ikan asing kacang naik dari Rp 17.000/kg menjadi Rp 24.000/kg. bahkan karena harga garam naik juga berdampak pada harga ikan teri asin yang awalnya Rp 32.000/kg menjadi Rp 38.000/kg.

Ikan Asin.
Copyright ©Merdeka

Selain jenis ikan asin tersebut, ada beberapa jenis ikan asin lainnya yang mengalami kenaikan saat harga garam melonjak. Diantaranya adalah ikan asin jenis benggol mengalami kenaikan dari Rp 24.000/kg sekarang menjadi Rp 35.000/kg, untuk sepat besar awalnya Rp 40.000/kg menjadi Rp 55.000/kg, sepat sedang harga awal Rp 35.000/kg menjadi Rp 45.000/kg.

BACA JUGA : Berita Hari Ini: Pasokan Melimpah, Harga Cabai Merah Keriting Terjun Bebas ke Rp 25 Ribu Per Kg!

Untuk rebon asin semua Rp 20.000/kg karena adanya peningkatan harga garam sekarang menjadi Rp 24.000/kg. “Yang naik paling mahal adalah ikan sepat besar, naiknya mencapai Rp 15.000 per kilogram. Ikan asin jenis ini memang lebih enak dan paling banyak diminati,” tutur gunawan.

Dia mengatakan, kenaikan harga ikan asin sekarang ini karena para nelayan dipesisir tidak bisa melaut karena cuaca yang tidak menentu. Sehingga pasokan ikan asin yang ada di daerah penghasil ikan asin mengalami penurunan.

“Biasanya saya mengambil ikan asin dari daerah Pekalongan, Weleri, Semarang, Batang dan Demak. Kadang juga mengambil dari daerah lain penghasil ikan asin,” kata dia.

BACA JUGA : Berita Hari Ini: Harga Cabai Rawit Merah Anjlok Menjadi Rp 85 Ribu Per Kg!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY