Info Gempa Hari Ini: Gempa Berkekuatan 5,5 SR Guncang Sulawesi Utara, BMKG Nyatakan Tak Berpotensi Tsunami!

0
95
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Gempa
Copyright ©shutterstock

Info Gempa Hari Ini: Gempa Berkekuatan 5,5 SR Guncang Sulawesi Utara, BMKG Nyatakan Tak Berpotensi Tsunami!

Lensaremaja.com – Pada Selasa (10/1/17) gempa yang memiliki kekuatan sebesara 7,2 SR yang telah mengguncang Sulawesi Utara, pada hari ini gempa susulan juga terjadi pada wilayah ini, kali ini kekuatannya mencapai 5,5SR, pada pagi hari tadi.

“Pusat gempa di 117 Km tenggara Kabupaen Bolaang Mongondow Timur. Terjadi pada pukul 00.39 WITA,” ungkap Kepala Stasiun Geofisika Manado, Irwan Slamet.

Irawan menambahkan, gampa hari ini berada pada titik dengan kedalam yang mencapai kurang lebih 10 km, namun dengan adanya insiden ini tidak akan menyebabkan terjadinya tsunami pada wilayah Sulawesi Utara.

“Yang lebih merasakan guncangan gempa ini wilayah Sulawesi Utara, seperti Tomohon dan Bolaang Mongondow,” tambahnya.

Namun, gempa hari ini yang tejadi pada subuh tadi pagi ada beberapa warga yang berada dilokasi wilayah tersebut tidak merasakan guncangannya. Apalagi hal ini terjadi pada saat warga sedang pada posisi kedaan tidur lelap.

ilustrasi-gempa
Copyright ©ilustrasi

Gampa hari ini berbeda dengan yang telah terjadi sebelumnya pada tanggal 10 Januari 2017 lalu, yang telah banyak warga yang merasakan guncangan yang cukup kuat hingga membuat warga panik.

Salah satunya adalah, ratusan warga dari Manado yang pada saat itu telah memadati pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Boulevard, mereka yang terlihat langsung berhamburan lari keluar. Karena mereka yang sangat merasakan kalau gempa dengan kekuatan 7,2 SR tersebut terjadi pada siang itu.

Sedangkan menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, membenarkan ada  gempa hari ini yang telah terjadi dengan kekuatan 5,5 SR.

“Gempa terjadi pada pukul 23.39 WIB. Titik gempa bersumber di 117 kilometer sebelah tenggara Bolaang Mongondow Timur,” kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 14 Januari 2017.

Sutopo menambahkan, kalau gempa hari ini terasa lemah yang bejalan kurang lebih selama 4 detik. Ini jika dirasakan dari Kabupaten Bolaang Mongondow timur. Pihaknya juga telah mengatakan kalau gempa ini juga tidak akan berpotensi menimbulkan tsunami. Namun dari adanya peristiwa ini masih belum adanya laporan mengenai dampak gempa.

baca juga : Berita Terkini: Gempa 5.5 SR Guncang Pesisir Selatan, Getaran Terasa Sampai Mukomuko !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY