Peringati Hari Ginjal Sedunia 2017, Ayo Minum Air Untuk Kesehatan Ginjal!

    0
    810
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    Peringatan Hari Ginjal Sedunia
    Copyrigth©worldkidneyday

    Peringati Hari Ginjal Sedunia 2017, Ayo Minum Air Untuk Kesehatan Ginjal!

    Lensaremaja.com – Pada 9 Maret 2017 ini telah memperingati Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day/WKD). Dengan melakukan pengambilan tema Ginjal dan Obesitas. Dalam peringata ini Indonesia Hydration Working Group-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IHWG-FKUI) dan Danone AQUA, telah mengeluarkan gerakan “Ayo Minum Air” (AMIR).

    Kapanye ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan pentingnya perilaku hidup sehat. Seperti hidrasi sehat, asupan gizi seimbang, dan melakukan aktivitas fisik untuk melakukan pencegahan obesitas serta hubungannya dengan penyakit ginjal.

    Bersarakan data dari Kementerian Kesehatan RI terkait dengan adanya penyakit katastropik, banyaknya jumlah penyekit ginjal di Indonesia sekarang ini menempati urutan kedua setelah penyekit jantung.

    Melihat dari jumlah penderitanya, dari tahun 2014 hingg 2015 yang telah mencapai pertumbuhan hingga 100 persen. Sehingga dengan ini berdampak pada jumlah biaya yang dikeluarkan pemerinta dalam pelayanan kesehatan melalui JKN pada penderita penyakit ginjal sangat tinggi, hingga Rp 2,68 miliar dari tahun 2015.

    Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek SpM(K), Menteri Kesehatan RI, mengungkapkan,  “Paradigma pembangunan kesehatan di Indonesia saat ini telah berubah dari upaya kesehatan yang bersifat Kuratif, menjadi upaya kesehatan bersifat Preventif dan Promotif, sesuai kebutuhan dan tantangan kesehatan. Kita harus memiliki rasa tanggungjawab bahwa sehat harus dimulai dari diri kita sendiri, untuk itu dukungan keluarga dan masyarakat sangatlah penting.”

    Hari Ginjal sedunia
    Copyrigth©worldkidneyday

    Sehingga dengan ini dalam peringatan Hari Ginjal Sedunia melakukan upaya dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan pentingnya gaya hidup sehat, salah satunya dengan gerakan AMIR (Ayo Minum Air).

    Dalam gerakan ini yang dilakukan dalam Hari Ginjal Sedunia akan dikhususkan dilakukan kepada anak usia PAUD dan Sekolah Dasar. Hal ini dengan tujuan untuk memulai kebiasaan menum air putih dan melakukan pengurangan dalam minum air bersih sejak dini.

    Salah satu partner global yang secara aktif telah memberikan dukungan terkait dengan penyelenggaran Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day) ini termasuk Indonesia adalah Danone. Sehingga dapat terselenggaranya peringatan ini.

    Dalam acara penringatan Hari Ginjal Sedunia 2017 di Indonesia, Danone AQUA melalui wakilnya Health Marketing Manager Danone AQUA, dr. Aninda Perdana B MedSc mengatakan,  “WKD 2017 merupakan kali ke-8 Danone AQUA mendukung peringatan WKD di Indonesia. Kami berkomitmen untuk selalu berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga hidrasi tubuh bagi kesehatan secara umum dan kesehatan ginjal secara khusus.”

    baca juga :

    Berita Terkini: Dianggap Merugikan, BPJS Kesehatan Parepare di Demo Oleh Ratusan Pemuda Pancasila !

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY