Ini 5 Tips Sehat Jalani Ibadah Puasa Selama Bulan Ramadan!

    0
    47
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    Ramadhan (1)
    Copyright ©tongkronganislami.net

    Ini 5 Tips Sehat Jalani Ibadah Puasa Selama Bulan Ramadan!

    Lensaremaja.com – Hidup sehat juga dapat dilakukan dengan berpuasa di bulan Ramadan. Akan tetapi, hal ini juga harus dilakukan dengan adanya perencanaan untuk menciptakan manfaat sehat pada saat berpuasa. Ada lima tips sederhana yang dilansir dari Huffington Post, praktisi makanan halal yang juga food blogger, Yvonne Maffei.

    BACA JUGA : Ini Hukumnya Menjual Makanan di Siang Hari Saat Bulan Suci Ramadan!

    “Seorang yang berpuasa butuh makanan yang baik dan kaya nutrisi untuk memberikan energi yang diperlukan selama berpuasa,” katanya. Ditambah seseorang yang melakukan aktivitas pada kondisi cuaca yang panas.

    Berikut ada lima tips hidup sehat kepada mereka yang berpuasa pada bulan Ramadan:

    1. Makan makanan alami, bukan instan atau junk food

    Dalam makanan instan telah terdapat MSG, kadar gula, tipe lemak, dan tinggi Yodium yang tidak sehat bagi tubuh. Jika tidak ingin memakan waktu lama untuk mengolahnya, pilihlah makanan yang masih segar dan membutuhkan waktu sebentar dalam pengolahannya, seperti sayuran rebus, salad. Dan mengonsumsi buah-buahan lokal serta sayuran yang sudah dicuci.

    Ramadhan
    Copyright ©AP
    1. Hindari makanan ‘putih’

    Makanan putih yang telah dimaksudkan adalah roti putih, nasi putih, gula putih, dan lainnya. Roti putih sendiri tersebut dari tepung putih sehingga merupakan makanan olahan. Untuk beras putih memiliki kadar gula tinggi dan tidak tahan lama di dalam tubuh. Oleh karena itu konsumsi roti gandum dan nasi merah.

    BACA JUGA : Soal Tradisi ‘Sahur On The Road’ Saat Ramadhan, Djarot Minta Polisi Bertindak Tegas!

    1. Hindari makanan bergula dan gorengan

    Makanan gorengan-gorengan memiliki kadar minyak yang tinggi. Apalagi, jika dimakan pada saat berbukan puasa di bulan Ramadan. Maka tubuh akan lelah setelah  seharian menjalani puasa. Dan juga lebih baik menghindari makanan  manis.

    1. Hati-hati dengan karbohidrat

    Sebaiknya melakukan pengonsumsian pada karbohidrat lebih baik dibatasi pada saat berpuasa di bulan Ramadhan. Karbohidrat akan menjadi gula yang sangat mudah dicerna. Sehingga dengan itu akan membuat kita lebih cepat lapar.

    1. Ketahui makanan yang menghidrasi tubuh

    Alangkah baiknya jika seseorang telah meminum jus pada saat berbuka atau sahur puasa Ramadan. Atau membuat makanan dalam bentuk sayuran sup, hal ini bertujuan untuk memberikan sumber cairan pada tambahan pada saat menjalankan puasa di bulan Ramadan.

    Hindarilah makanan yang asin, karena itu akan membuat kita cepat merasa haus. Cara yang baik untuk berbuka adalah dengan mengkonsumsi kurma, juga dapat dilakukan dengan minum air kelapa, buah-buahan, smoothies, dan lain-lain.

    BACA JUGA : Inilah Kumpulan DP BBM Ramadhan 2017, Gambar Meme Lucu Hingga Animasi Bergerak yang Ramai Diburu!

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY