Akan Ada Tes Fisik Juga Lho untuk Seleksi CPNS 2017 Nanti!

    0
    18
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    Panjaga Lapas
    Copyright ©Antara

    Akan Ada Tes Fisik Juga Lho untuk Seleksi CPNS 2017 Nanti!

    Lensaremaja.com – Pada awal bulan Agustus mendatang seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 di Makamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) akag segera digelar. Ada beberapa seleksi yang harus dilalui oleh para CPNS 2017. Seleksi itu diantaranya adalah adminstrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

    BACA JUGA :Formasi CPNS Daerah Sampai Pusat yang Musti Kamu Ketahui!

    Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PANRB, Suwardi mengungkapkan, Panitia Seleksi CPNS 2017 Kementerian Hukum dan HAM sudah memberikan pengumuman kepada seluruh pelamar lulusan SLTA sederajat, terutama pada penjaga tahanan, akan dilakukan kesamaptaan dalam Seleksi Kompetensi Bidang.

    “Apa itu tes kesamaptaan? Tes kesamaptaan adalah salah satu tahap seleksi hampir sama dengan melakukan tes fisik atau tes kesehatan yang diikuti calon pelamar. Kesamaptaan berasal dari kata samapta yang memiliki arti ready atau prepared atau bisa juga diartikan kesiapan fisik,” kata dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (18/7/17).

    Ada bebera jenis dari tes kesamaptaan yang harus dilakukan para CPNS 2017, diantaranya lari, push up, sit up, pull up dan chining, dan shuttle run. Untuk tes lari, biasa pada jarak tempuh 1.200 meter akan dilakukan dalam waktu 12 menit untuk pria. Sedangkan untuk wanita dalam jarak 1.200 meter haris ditempuh dalam kurun waktu 14 menit.

    Seleksi CPNS
    Copyright ©Ilustrasi

    Setelah itu push up, tes ini dilakukan untuk mengetahui daya tahan lengan pada bagian luar para CPNS 2017. Untuk standar push up pria yaitu 35-40, sedangkan untuk wanita diantaran 30-35 dalam kurun waktu 1 menit.

    BACA JUGA : Berita Hari Ini: Imigrasi Buka Lowongan Pendaftaran CPNS 2000 Lebih, Berminat?

    “Sit Up adalah gerakan duduk kemudian bangun. Tes ini bertujuan untuk mengetahui daya tahan serta fleksibilitas otot perut. Standar untuk Laki-Laki 35-40 kali, standar untuk wanita 30 kali dengan waktu 1 menit,” sambung dia.

    Sedangkan untuk pull up dilakukan untuk mengetahui kekutan otot lengan. Untuk tes ini pada standar laki-laki 10 kali. Yang terakhir adalah shuttle run, yaitu lari dengan membentuk angka 8. Lari dengan menggunakan kecepatan penuh atau sprint dengan melewati dua tiang yang berjarak kurang dari 10 meter. Hal ini dilakukan sebanyak 3 kali putaran oleh pada CPNS 2017 dengan catatan waktu tercepat.

    BACA JUGA : Ada 19 Ribu Lebih Lowongan CPNS 2017, Tentukan Pilihanmu Sekarang!

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY