Kahiyang Ayu Putri Jokowi Gagal Lolos, Buktikan Tes Penerimaan CPNS Transparan!

0
24
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Kahiyang Ayu
Copyright ©viva.co.id

Kahiyang Ayu Putri Jokowi Gagal Lolos, Buktikan Tes Penerimaan CPNS Transparan!

Lensaremaja.com – Terkait dengan adanya seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menjamin akan akan berlangsung secara transparan dan bebas dari ‘titipan.

BACA JUGA : Ada 19 Ribu Lebih Lowongan CPNS 2017, Tentukan Pilihanmu Sekarang!

Para pelamar pada penerimaan CPNS ini semuanya harus mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT). Dengan adanya sistem ini dijamin akan lebih transparan, efisien, dan bebas kecurangan.

Mohammad Ridwan selaku Kepala Biro Humas Badan Kepegawaiam Negara (BKN)  menegaskan,  adanya sistem CAT ini sudah dilakukan oleh pemerintah sejak tahun 2014 lalu, dengan menggunakan sistem ini, dalam kurun waktu tiga tahun belakangan ini membuat penerimaan CPNS lebih adil dan transparan.

“Selama tiga tahun terakhir ini, sistem itu tak bedakan mana anak petani mana anak jenderal,” pungkasnya, Jumat (14/7).

Terkait dengan hal ini, Ridwan mencontohkan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, pada tahun 2014 lalu mencoba untuk melamar CPNS, namun dari beberapa seleksi yang dia jalani akhirnya gagal. Pada saat itu, sudah memberlakukan adanya sistem CAT.

“Buktinya anak Pak Jokowi (Kahiyang Ayu ) saja ikut akhirnya gagal, jadi kami bisa bilang enak kalau ada pihak yang memaksa. Itu buktinya anak Pak Jokowi enggak lolos,” ungkap Ridwan tertawa.

CPNS
Copyright ©d-onenews.com

Melihat dari Kahiyang Ayu ini, Ridwan menegaskan kalau dalam proses penerimaan CPNS yang dilakukan ini telah dijamin akan bebas dari katebelece atau surat titipan jabatan. “Enggak ada lagi titip-titip katebelece anak gubernur. Bebas katebelece,” ujarnya.

BACA JUGA : Ini Syarat dan Cara Pendaftaran Lowongan CPNS 2017 Sipir Kemenkumham!

Dia menegaskan, seperti pada tes yang dilakukan oleh Kahiyang Ayu, hasilnya pun juga dapat langsung dilihat oleh para peserta. Para peserta ujian dapat melihat hasil nilai real time (saat itu juga) setelah mereka selesai mengikuti ujian.

“Hasil akhir akan keluar langsung untuk melihat passing gradenya. Sehingga menjunjung prinsip transparansi akuntabilitas. Besoknya ada di website,” katanya.\

Dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 20/2017 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2017, meteri soal SKD sudah ditetapkan pemerintah menjadi tiga kelompok meteri. Seperti halnya yang tes yang dijalankan oleh Kahiyang Ayu tiga tahun lalu.

Kelompok tiga materi itu adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Dan setelah itu para peserta harus mengikuti seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

BACA JUGA : Ramai Berita Hoax Soal Penerimaan CPNS 2017, Ini Himbauan BKN

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY