Ini Alasan Jokowi Rahasiakan 3 Calon Kuat Ibu Kota Negara Indonesia!

0
93
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Ganda Putra Indonesia Marcus/Kevin Sukses Raih Juara All England 2017, Begini Apresiasi Presiden Jokowi!
Copyright ©photo

Ini Alasan Jokowi Rahasiakan 3 Calon Kuat Ibu Kota Negara Indonesia!

Lensaremaja.com – Pemerintah berencana akan melakukan pemindahan ibu kota negara, ada beberapa provinsi yang nantinya menjadi alternatif pilihan sebagai tempat untuk ibu kota yang baru. Namun beberapa provinsi itu masih akan dilakukan pengkajian.

BACA JUGA : Soal Pemindahan Ibu Kota, Kalimantan Selatan Tawarkan Pemerintah 2 Tempat Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, sekarang ini ada tiga tempat yang berada di tiga provinsi. Pemerintah sedang melakukan pengkajian untuk menentukan tempat mana yang akan dipilih menjadi ibu kota menggantikan Jakarta.

“Ada tiga tempat, tiga provinsi yang masuk dalam kajian,” ujar Presiden Jokowi di acara Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah Program Strategis Nasional Pembinaan dan Fasilitasi serta Kerja Sama Akses Reform di Balikpapan Sport and Convention Center yang diselenggarakan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi sejatinya tidak ingin menyinggung terkait dengan pemindahan kota. Karena sekarang ini hal tersebut masih dalam kajian dari Bappenas untuk dapat menentukan provinsi mana yang akan dijadikan ibu kota baru.

“Mengenai ibu kota saya tidak mau singgung itu dulu karena masih dalam kajian Bappenas,” ujar Presiden Jokowi seperti dikutip dari Antara.

jokowi
Copyright ©wordpress

Untuk sekarang, Bappenas masih melalukan pengkajian kepada tiga tempat yang berada di tiga provinsi, akan tetapi Presiden Jokowi enggan membeberkan nama-nama yang akan menjadi pilihan alternatif dari pemindahan ibu kota ini.

BACA JUGA : Berita Hari Ini: Ini Alasan Palangkaraya Cocok Gantikan DKI Jakarta Jadi Ibu Kota Negara!

“Nanti semua orang beli tanah di sana, enggak jadi pindah nanti. Harga tanah melambung,” ujarnya.

Dalam kajian ini semuanya akan dikalkulasikan secara detail terkait dari sisi keekonomian, kebencanaan, dan infrastruktur. “Kemudian biayanya berapa karena menyangkut biaya,” kata Presiden Jokowi.

Namun, Presiden mengatakan sekarang ini banyak negara yang telah melakukan pemisahan antara pemerintahan dan pusat bisnis, antara pemerintahan dengan ekonomi. Sehingga dengan itu, Indonesia mulai mengkaji hal itu.

Sebelumnya Basuki Hadimuljono selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) mengatakan, tempat yang sedang dalam kajian sebagai calon ibu kota baru yaitu berada di tiga provinsi Kalimantan, ialah Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Tengah (Palangka Raya).

Berita Hari Ini: Jokowi Jamin Berikan KPK Perlindungan, Bagaimana Caranya?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY