Berita Hari Ini : Niat Puasa Rajab Dan berbagai Keutamaan Puasa di Bulan Rajab !

Keutamaan Puasa Rajab di Bulan Rajab Dan Niatnya!

0
5254
Share on Facebook
Tweet on Twitter
rajab

Keutamaan Puasa Rajab di Bulan Rajab Dan Niatnya!

lensaremaja.com– Salah satu amalan yang dapat dilaksanakan umat islam pada saat memasuki bulan rajab adalan Puasa Rajab. Bulan rajab sendiri merupakan salah satu bulan suci atau bulan yang dimuliakan. Karena itu, umat muslim akan banyak yang melakukan amalan-amalan.

Dalam tradisi Islam, ada 4 bulan suci yang selama ini dikenal. Keempatnya juka disebutkan secara berurutan adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan yang terakhir adalah bulan Rajab. Sejumlah alasan kenapa 4 bulan tersebut dinamakan bulan yang dimuliakan.

Alasan yang pertama, pada bulan tersebut diharamkan melakukan berbagai pembunuhan. Dalah hal ini, orang jahiliyah pun meyakininya. Yang kedua, pada bulan tersebut, larangan untuk berbuat haram sangat diutamakan, daripada bulan lainnya.

Adapun keutamaan dalam menjalani Puasa Rajab yaitu, Rasulullah telah menganjurkan agar setiap umat islam tidak melupakan bulan sya’ban yang terletak diantara bulan Rajab dan Ramadan. Maka dari itu, pada bulan Rajab disunahkan untuk menjalankan puasa Rajab di dalamnya.

Daalah hadist imam Muslim juga diriwayatkan berpuasa pada bulan mulia merupakan puasa paling utama setelah puasa Ramadan. Menurut Syaikh Al Rayani, bulan puasa yang paling utama setelah Ramadan adalah Puasa Rajab dan puasa di bulan mulia.

keutamaan rajab

Selain itu, sejumlah kalangan umat Islam menganggap Puasa Rajab adalah ibadaah yang khusus. Dengan mengucapkan niat “Nawaitu Shauma Syahri Rajab Sunnatan Lillahi Ta’ala” atau “Saya niat puasa bulan Rajab, Sunnah karena Allah ta’ala”.

Walaupun merupakan bulan yang mulia dan dianjurkan untuk melakukan banyak amalan-amalan seperti Puasa Rajab, seoarang muslim akan dianggap tidak tepat jika dalam menjalankan puasa Rajab menganggap kekhususannya setara dengan puasa Ramadhan.

Buukan hanya itu, jika umat muslim meganggap Puasa Rajab memiliki nilai lebih tinggi daripada bulan-bulan lain. Hal tersebut juga tidak tepat. Setiap orang yang sudah terbiasa menjalankan puasa Sunnah, dan ingin menjalankan puasa sebagaimana mestinya, mereka akan melakukan puasa di bulan Rajab ini.

Karena insya Allah puasa Rajab akan memberikan berkah pemahaman Islam kepada kita.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY