Berita Hari Ini: Thailand Tetapkan Masa Berkabung Selama Setahun Usai Raja Bhumibol Wafat !

0
149
Share on Facebook
Tweet on Twitter
raja-thailand-bhumibol-adulyadej
Copyright ©cnnindonesia

Berita Hari Ini: Thailand Tetapkan Masa Berkabung Selama Setahun Usai Raja Bhumibol Wafat !

Lensaremaja.comRaja Thailand, Bhumibol Adulyadej, yang beberapa tahun terakhir jarang tampil di depan umum akibat dari buruknya kondisi kesehatannya. Raja yang paling lama menjadi berkuasa di Thailand ini adalah seseorang yang sebagai bapak bangsa.

Raja Bhumibol yang sempat dinyatakan dalam kondisi kritis saat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Siriraj, Bangkok, dalam beberapa hari terakhir. Dan akhirnya meninggal dunia pada hari Kamis ( 13/10/16) sore.

Raja Thailand ini yang berkuasa sejek 9 Juni 1946 setelah saudaranya. Raja King Ananda Mahidol,yang meninggal karena telah menjadi korban penembakan yang sampai saat ini belum jelas penyebabnya di Istana Kerajaan di Ibu Kota Bangkok.

Dan pasa masa tahun-tahun awal Thailand yang harus dipimpin oleh seorang pemimpin sementara, karena Bhumibol masih dalam pendidikan yang dijalaninya di Swiss. Dalam kunjungannya di Paris dia bertemu dengan seorang perempuan yang menjadi calon istrinya yang menjadi duta besar Thailand di Prancis.

Akhinrya mereka menikah pada 28 April 1950, dan seminggu sebelumnya Bhumibol telah ditetapkan sebagai Raja Thailand yang telah dinobatkan di Bangkok. Pada tujuh awal dia berkuasa telah terjadi kediktatoran militer yang ada di negaratersebut.

raja-thailand
Copyright ©bbc

Pada September 1957, Jendral Sarit Dhanarajata telah mengambil alih kekuasaan tersebut, pada saat itu Raja Thailan yang telah mengeluarkan pernyataan yang berisikan Sarit sebgai pembela Militer yang ada di Ibu Kota.

Dan saat itu, Raja Thailand tersebut telah menghidupkan kembali kerajaannya, antara lain dengan melakukan kunjungan kepada provinsi-provinsi dengan meminjam namanya untuk melakukan beberapa pembangunan terutama dalam sektor pertanian.

Atas pulangnya tokoh yang sangat dikenal oleh banyak semua orang di Thailand yang menjadi pemersatu dan pilar bagi negara tersebut, pemerintah tahilan yang memutuskan untuk masa berkabung selama setahun.

Penyataan tersebut telah disampaikan oleh Perdana Mentri Thailand setelah wafatnya raja Thailand, dengan ini masa bergabung tersebut akan dilkukan pada Jumat (14/10/16). Sehingga ini adalah langkah yang telah di ambil oleh Perdana Mentri.

“Pada pukul 15.52, beliau meninggal dunia dengan tenang di RS Siriraj,” demikian pernyataan Biro Rumah Tangga Kerajaan Thailand.

Raja Bhumibol adalah seorang yang merupakan Raja Thailand ke sembilan dalam Dinasti Chakri. Kondisinya yang semakin menurun semenjak jarangnya muncul di hadapan publik pada 10 tehaun terakhir.

baca juga : Mengintip Fose Patung Lilin Jokowi Yang Dipajang Di Museum Madame Tussauds !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY