Masih Menunggu Hasil Pemilu AS, Harga Emas Hari Ini Tertekan Berat !

0
91
Share on Facebook
Tweet on Twitter
emas
Copyright ©seputarhargaterkini

Masih Menunggu Hasil Pemilu AS, Harga Emas Hari Ini Tertekan Berat !

Lensaremaja.comHarga emas yang telah mengalami penurunan pada perdagangan Selasa (Rabu pagi Wib). Penurunan harga ini dikarenakan para pelaku emas lebih memilih terlebih dahulu untuk hasil dari pemili yang dilakukan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari Wall Street Journal, Rabu (9/11/16), harga emas dalam pengiriman Desember telah mengalami penurunan sebesar 0,3 persen sehingga berada pada level US $ 1.275,90 per troy ounce di Divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Penurunan harga emas pada perdagangan yang dilakukan hari ini sebelumnya telah mengikuti penurunan harga pada perdanganan yang dilakukan sebelumnya. Kemarin, untuk harga logam mulia yang juga telah turun lantaran FBI telah memberikat pernyataan bahwa calon presiden dan Partai demokrat Hillary Clinton tidak mendapatkan hukuman lantaran diduga telah menggunakan email pribadi dalam urusan negara.

“Saya pikir keadaan tersebut membuat harga emas sedikit lebih tenag. Saat ini kami hanya menunggu hasil dari Pilpres AS” kata Analis Komoditas Julius Baer, Carsten Menke.

Dalam Pilpres AS ini yang akan maju adalah Hillary Clinton dari Partai Demokrat dan Donald Trump dari Republik, banyak dari investor yang telah mengharapkan kalau yang akan menang dalam Pilpres kali ini adalah Clinton.

emas
Copyright ©sindonews

Akan tetapi, pelaku pasar tidak terlalu menaruh harapan atas hal tersebut, karena para investor tidak menginginkan kejadian Brexit akan terjadi lagi. Pada saat itu, para investor yang telah menyakini Inggris kalau tidak akan keluar dari Uni Eropa.

Namun pada kenyataanya, dari hasil jejak pendapat dari masyrakat inggris telah menyatakan untuk tidak lagi bergabung dengan Uni Eropa. Pada saat ini juga, para pelaku pasar juga tidak terlalu menaruh harapan bahwa Trump tidak akan duduk di dalam Gedung Putih.

“Jika Trump menang, harga emas akan mengikuti keadaan setelah Brexit,” ungkap Analis Komoditas ETF Securities, Nitesh Shah.

Pada saat Inggris telah menyatakan untuk keluar dari Uni Eropa, berimbas pada melonjaknya harga emas mencapai 6 persen, hal ini karena pelaku pasar memburu aset safe haven. Hal yang sama akan terjadi pada pemilihan Pilpres AS ini jika dimenangkan oleh Trump.

“Tapi jika Clinton memang dalam Pilpres AS ini, hidup akan berlangsung seperti biasanya,” kata David Govett, Kepala Perdagangan Logam mulia di Marex Spectron.

baca juga : Jelang Pilpres AS, Harga Emas Antam Hari Ini Turun Rp 2.000 Per Gram !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY