Berita Hari Ini: Harga BBM Pada 9 Wilayah Ini Sekarang Sudah Sama dengan Jawa

0
99
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Harga BBM Pada 9 Wilayah Ini Sekarang Sudah Sama dengan Jawa
Copyrigth©halloIndo

Harga BBM Pada 9 Wilayah Ini Sekarang Sudah Sama dengan Jawa

Lensaremaja.com – Kali ini harga bahan bakar minyak (BBM) pada 9 wilayah sudah sama dengan harga BBM di Pulau Jawa. Hal ini disampaikan oleh PT. Pertamina (Persero) yang pada kali ini mengumumkan merealissikan BBM satu harga di 9 wilayah.

Pengumuman realisasi tersebut merupakan upaya pemerintah untuk menerapkan BBM harga sama di beberapa wilayah Indonesia. Hal ini sendiri sejalan dengan Peraturan Menteri ESDM Nomer 36 Tahun 2016 tanggal 10 November 2016.

Peraturan ini terkait tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga BBM Tertentu (JBT) dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Secara Nasional. Peraturan ini sendiri mulai berlaku sejak tanggal 1 Januari 2017 lalu.

Harga BBM Pada 9 Wilayah Ini Sekarang Sudah Sama dengan Jawa
Copyrigth©BBC

Sementara itu apun tambahan wilayah  daalm upaya pemerintah menerapkan satu harga BBM diantaranya Pulau Batu di Kabupaten Nias Selatan, Provisinsi Sumatera Utara, Seberut Tengah, Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Provinsi Sumbar.

Kemudian ada lagi Kepulauan Karimun Jawa, Pulau Raas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB dn Provinsi NTT. Sementara itu juga banyak daerah lain yang sudah menerapkan satu harga BBM seperti halnya yang direncanakan oleh pemrintahan Indonesia.

Sementara itu menurut cartatan Harga BBM sejak akhir Februari 2017 warga daerah-daerah tersebut bisa mendapatkan harga yang sama dengan daerah lainnya. Seperti harga bensin premium yakni Rp 6.450 ribu per liter dan Solar Rp 5.150 ribu per liter.

Senbelumnya diketahui jika wilayah-wilayah tersebut membeli bensin premium dengan harga Rp 8000 hingga 15.000 per liiter. Sedangkan harga solar sendiri bisa mencapai sekitar hrga Rp 7000 hingga Rp 18.000 per liter.

Harga BBM Pada 9 Wilayah Ini Sekarang Sudah Sama dengan Jawa
Copyrigth©halloIndo

Sedangkan menurut peraturan yakni melalui SK Direktur Jenderal Nomor 09.K/10/DMJ.O/2017 menyatakan pendistribusian BBM satu harga ini dilakukan secara bertahap. Pendistribusian sendiri akan berlangsung selama tiga tahun mulai 2017 hingga 2020 dan menetapkan 146 kabupaten sebagai lokasinya.

Sementara itu Harga BBM yang akan diterapkan sama dalam beberapa wilayah ini juga diikuti dengan rencana pemerintah untuk membangun SPBU mini di 22 lokasi dalam 14 provinsi. Beberapa wilayah yang akan didapati SPBU mini ini nantinya yakni Sumatera Barat, Kepulauan Natuna, Provinsi Bengkulu, Kalimantan Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara dan masih banyak lagi.

baca lain Ternyata Ini Tujuan Utama Pemerintah Bangun Jalur Trans Papua

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY