Berita Hari Ini: Beredar Kabar Kunci Jawaban USBN Bocor, Begini Kata Mendikbud!

0
342
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Mendikbud Muhadjir Effendy
Copyright ©terassumsel

Berita Hari Ini: Beredar Kabar Kunci Jawaban USBN Bocor, Begini Kata Mendikbud!

Lensaremaja.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mihadjir Effendy mengungkapkan, adanya kabar terkait dengan bocornya kunci jawaban dari Ujian Sekolah Berstandar Nasiobal (USBN)  di beberapa daerah tersebut adalah isu hoax atau tidak benar.

Pihaknya yang menegaskan, kalau dalam beberapa waktu ini sudah mendapatkan laporan kalau kunci USBN kali ini yang sudah beredar di aplikasi layana pesan WhatsApp tersebut, tidak adanya hubungannya dengan soal yang dikeluarkan dalam ujian kali ini.

“Masih kita selidiki apa betul atau hoax itu. Sementara kelihatannya bukan soal. Ini sudah klarifikasi dari Irjen, sudah turun ke lapangan dan tidak benar kalau yang kasus di beberapa tempat itu kebocoran dari USBN,” ungapnya pada saat selesai menghadiri Diskusi Uji Publik RUU Sistem Perbukuan Nasional 2017, yang telah dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rabu (22/3/17).

Terkait dengan adanya bocornya kunci jawaban tersebut pada beberapa daerah, sudah dilakukan pengecekan oleh pihak Mendikbud. Dan telah dihasilkan kalau adanya kabar bocornya kuci jawaban USBN yang beredar tersebut tidak benar.

“Kita sudah turun cek itu di Tegal sama daerah lain. Oleh kepala sekolahnya sudah menjelaskan kalau bukan,” ungkapnya.

ujian-nasional
Copyright ©dakta

Muhadjir yang tidak terlalu memberikan tanggapan terkait dengan adanya sumber pesan, yang sebelumnya telah mengatakan kalau adanya dugaan kebocoran kunci jawaban dalam USBN yang dilakukan di seluruh daerah.

“Tidak tahu namanya orang iseng itu,” tuturnya.

Akan tetapi, jika adanya kabar mengenai kebocoran kunci jawaban USBN dari seorang guru, pihaknya akan mengambil tindakan tegas dengan memberikan sanksi yang setimpal dengan perbuatan yang telah dilakukan.

“Pokoknya kalau diketahui guru, pasti saya akan beri pelajaran yang bikin jera,” tuturnya.

Untuk melakukan identifikasi adanya kebocoran kunci jawaban tersebut, Mendikbud juga telah melakukan pembentukan tim investigasi, hal ini untuk melakukan penyelidikan terkait dengan adanya kabar tersebut.

“Kami telah menurunkan tim, untuk menginvestigasi kebocoran soal di sejumlah daerah,” kata Muhadjir di Jakarta, Selasa (21/3/17).

Ia mengungkapkan, kalau dalam pelaksanaan USBN hari pertama yang telah dilakukan di semua daerah yang telah berjalan dengan lancar. Namun adanya kabar yang telah menyatakan kalau ada kebocoran kunci jawaban.

baca juga :

Berita Terkini: Telkom Beri Pasokan Teknologi Ini dalam SNMPTN dan SBMPTN 2017 !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY