Berita Hari Ini: Ada Pergerakan Siklon Tropis Caleb, BMKG Beri Peringatan Akan Hujan Lebat Bercampur Petir!

    0
    212
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    BMKG Informasikan Potensi Hujan Dari Siang Sampai Malam Akan Guyur Jabodetabek!
    Copyright ©bola

    Berita Hari Ini: Ada Pergerakan Siklon Tropis Caleb, BMKG Beri Peringatan Akan Hujan Lebat Bercampur Petir!

    Lensaremaja.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang telah memprediksi adanya cuaca ekstrim yaitu hujan lebat disertai dengan petir, hal ini karena adanya Siklon Tropis Caleb. Sehingga dengan ini pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada pada beberapa hari kedepan.

    Deputi BMKG Bidang Meteorologi Yunus S. Swarinoto mengatakan, kalau adanya perkiraan cuaca tersebut dari hasil analisa dinamika atmosfer. Diketahui kalau Siklon Tropis Caleb ini telah mucul di kawasan Samudra Hindia.

    Dengan keberadaan di sebelah Barat Daya Lampung yang telah melakukan pergerakan ke arah Selatan-Tenggara. Sedangkan untuk kecepatan angin yang telah diperkirakan mencapai 35 knots dan dipusatnya tekanan udara mencapai 997 mb.

    Kata Yunus, adanya pertumbuhan Siklon Caleb dan pila tekanan rendah lain terjadi di sekitara perairan Barat Utara Australia, diperkirakan akan menyebabkan pertemuan antaran angina di sekitar wilayah Barar Sumatera, bahkan hingga ke Bali, Jawa, Nusa Tenggara Timus, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Sulawesi Selatan.

    Ilustrasi Hujan
    copyright ©tribunnews

    “Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia dalam periode beberapa hari kedepan,”ungkap Yunus, Kamis (23/3/17).

    Sehingga dengan ini, BMKG menghimbau kepada masyarakat yang telah dihimbau untuk tetap wasapada adanya cuaca ektrim ini, seperti halnya adanya genangan air, banjir, tanah longsor, pohon tumbang, jalanan licin.

    Selain itu, ungkap Yunus, adanya potensi angin kencang yang akan diperkirakan oleh BMKG terjadi di pesisir laut, adanya peristiwa tersebut juga perlu diwaspai. Dan untuk gelombang laut yang akan mengalami peningkatan dengan ketinggian 2,5-4,0 meter diperairan Selatan Jawa Timur, Samudera Hindia dan Selatan Nusa Tenggara Barat dan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudera Hindia Barat Bengkulu.

    “Bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat di wilayah pesisir dihimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi,”  ujarnya.

    Dalam kondisi, BMKG yang memperkirakan akan terjadi mulai Kamis (23/3/17) hingga Sabtu (26/3/17). Dalam kondisi ini, di beberapa wilayah Indonesia yang akan terjadi hujan lebat disertai dengan adanya petir.

    baca juga :

    Berita Terkini: Ini Himbauan BMKG Soal Fenomena Equinox yang Melanda Indonesia Hari Ini!

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY