Ini Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Tubuh Manusia, Turunkan Berat Badan Hingga Jantung Menjadi Sehat!

0
149
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Menahan lapar Puasa
Copyright ©Ilustrasi

Ini Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Tubuh Manusia, Turunkan Berat Badan Hingga Jantung Menjadi Sehat!

Lensaremaja.com – Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan bukan sekedar kegiatan ibadah yang wajib dijalankan oleh seluruh umat Muslim. Lebih dari hal tersebut, menjalankan ibadah ini berefek pada peningkatan kesehatan bagi tubuh.

BACA JUGA : Perhatikan Baik-Baik, Langit Akan Menampakkan Obyek Ini pada Malam Awal Ramadhan 2017!

National Health Service di Inggris telah melakukan sebuah penelitian terkait dengan orang yang menjalankan orang puasa, dan hasilnya dengan melakukan ibadah puasa maka akan berpotensi memeperbaiki kodisi penderita diabetes dan memperbaiki fungsi pancreas.

Selin hal itu, ada empat manfaat lain pada saat menjalankan puasa Ramadhan, seperti halnya yang telah diberitahukan oleh Dr Bishnu Charan Pattnaik, salah satu dokter dari Columbia Asia Hospital Setapak.

1. Membantu Melawan Radikal Bebas       

Dengan puasa Ramadhan akan dapat meningkatkan kemapuan dari tubuh manusia untuk menekankan stres oksidatif. Menurut Dr Bishnu dikutib dari Columbia Asia, tubuh akan menggunakan cadangan makanan pada saat tidak ada asupan makanan.

Cadangan makanan lemak akan dimanfaatkan untuk energi selama puasa. Kemudian tubuh akan mengeluarkan asam lemak dan dan dialirkan ke sistem tubuh. Melalui organ-organ tubuh seperti usus besar, ginjal, liver, paru-paru hingga kulit makan akan dapat menekankan radikal bebas.

Ramadhan
Copyright ©AP

2. Menurunkan Berar Badan

“Puasa bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan menurunkan tingkat kolesterol, stres oksidatif dan tekanan darah,” ujar Dr. Bishnu.

BACA JUGA : Marhaban ya Ramadhan, Awal Puasa Ramadhan 2017 Masih Menunggu Sidang isbat Pemerintah!

Dari studi yang dimuat dari British Journal of Diabetes and Vascular Disease, orang yang mengalami obesitas dan diabetes tipe 2 jika mereka sering berpuasa maka akan dapat memberikan manfaat bagi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah, serta dapat meningkatkan kampuan tubuh untuk melakukan pengelolaan glukosa, metabolisme juga lancar.

3. Meredakan Nyeri Sendi

Ygoy melansir, pada puasa Ramadhan dapat meredakan nyeri pada persendian, dan kepada orrang yang menderita arthritis atau radang sendi. Sedangkan Netrofil merupakan salah satu unsur yang dapat menetralkan racun dan membunuh bakteri penyebab nyeri sendi.

4. Menurunkan Berat Badan

Walau tidak terlalu menonjol, namun dengan puasa Ramadhan akan dapat menurunkan berat badan. Hal ini karena dengan melakukan puas maka otomatis kita tidak akan mekan dan ngemil dengan frekuensi yang berlebihan. Namun hal ini akan sangat sulit untuk dilakukan jika dalam berbukan anda telah mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan kalori.

BACA JUGA : Maksimalkan Puasa Ramadhan, Ini Amalan yang Paling Banyak Pahalanya pada Bulan Suci!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY