Perhatikan Baik-Baik, Langit Akan Menampakkan Obyek Ini pada Malam Awal Ramadhan 2017!

    0
    220
    Share on Facebook
    Tweet on Twitter
    Tata Surya
    Copyright ©Stellarium

    Perhatikan Baik-Baik, Langit Akan Menampakkan Obyek Ini pada Malam Awal Ramadhan 2017!

    Lensaremaja.com – Akan ada kemunculan penampakan sejumlah objek tata surya yang cukup menarik. Hal ini akan terjadi  pada malam awal bulan Ramadhan 2017. Fonomena alam ini dapat dilihat dengan kasat mata, namun juga ada yang herus melihat dengan menggunakan alat seperti teleskop.

    BACA JUGA : Marhaban ya Ramadhan, Awal Puasa Ramadhan 2017 Masih Menunggu Sidang isbat Pemerintah!

    Bertepatan dengan kemunculan hilal yang kemungkinan besar akan terjadi pada Jumat (26/5/17) petang, akan ada kemunculan bintang Sirius di langit. Jika dilihat dari bumi dengan kasat mata, maka bintang tersebut akan menunjukkan bintang paling terang.

    Untuk nantinya Sirius akan terlihat dengan magnitude -1,45. Namun kecerlangan dari bitang ini nantinya dipastikan akan terhalang dengan cahaya senja. Oleh karena itu, para pengamat pun telah menggunakan teleskop untuk melihat Sirius pada malam awal bulan Ramadhan 2017 ini.

    Diketahui sebelumnya kalau Sirius sendiri telah memilik arti penting bagi Islam. Bintang yang akan mucul pada malam awal Ramadhan 2017 itu telah disebut dalam Al Quran surat An Najm sebagai Syiraa dan telah dipercaya menyertai Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

    Setelah senja, pada magnitude -2,28 tersebut akan terlihat planet Jupiter. Jika dilihat dari bumi maka planet paling besar dalam tata surya tersebut akan tampak cukup terang. Sehingga dengan itu dapat dilihat langsung dengan kasat mata.

    Ramadhan
    Copyright ©klimg.com

    Mulai dari senja sampai waktu luhur, planet Jupiter ini akan tetap tampak. Posisinya akan akan semakin kebarat jika semakin malam. Sedangkan untuk planet Saturnus yang biasanya terlihat redup, namun pada malam awal bulan Ramadhan 2017 ini diperkirakan akan nampak.

    BACA JUGA : Maksimalkan Puasa Ramadhan, Ini Amalan yang Paling Banyak Pahalanya pada Bulan Suci!

    Akan tetapi, planet ini juga tetap harus dilihat dengan menggunakan teleskop karena posisinya yang cukup jauh dari Bumi. Planet Venus juga akan menampak diri pada malam awal bulan Ramadhan 2017. Tepatnya pada waktu sahur.

    Menurut simulasi Stellarium, planet Venus akan tampak dari Bumi dengan magnitudo -4,36. Sehingga dengan itu kemunculan planet ini dapat dilihat secara langsung dengan mata telanjang. Venus juga memiliki peran dalam Islam, dalam Al Quran dikisahkan Nabu Ibrahim. Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, bintang tersebut adalah planet Venus.

    Selain adanya penampakan dari beberapa planet tersebut, pada awal Bulan Ramadhan 2017 ini juga akan ada fenomena menarik lainnya, yaitu kemuculan matahari yang akan tepat berada di atas Ka’bah pada saat Ramadhan.

    BACA JUGA : Inilah Kumpulan Kata dan Ucapan Minta Maaf Jelang Jadwal Awal Puasa Ramadhan 2017 Terbaru!

    NO COMMENTS

    LEAVE A REPLY