Disunahkan Berpuasa, Ini Keistimewaan Bulan Rajab yang Tahun Ini Jatuh Pada Tanggal 29 Maret 2017!

0
384
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Bulan Rajab
Copyright ©satuislam

Disunahkan Berpuasa, Ini Keistimewaan Bulan Rajab yang Tahun Ini Jatuh Pada Tanggal 29 Maret 2017!

Lensaremaja.com – Hari ini Rabu, 29 Maret 2017 sudah masuk dalam Bulan Rajab. Bulan ini sendiri merupakan salah satu bulan suci dengan banyak keistimewaan di dalamnya. Maka dari itu disunatkan untuk berpuasa bagi umat muslim atau orang beragama islam.

Sementara itu dalam hitungan kalender hijriyah sendiri bulan rajab ini masuk pada bulan ke tujuh. Sudah disebutkan jika bulan ini merupakan salah satu bulan haram atau suci yang sangat dimuliakan keberadaaannya.

Mengetahui jika jika bulan ini merupakan bulan haram tak heran umat muslim berbondong-bondong berbuat kebajikan. Masyarakat umat muslim banyak melakukan amal-amalan ketaatan atau kebaikan di bulan ini.

Salah satunya yakni puasa rajab yang banyak sekali keutamannya. Hari ini sudah diperbolehkan umat muslim yang ingin melakukan puasa sunnah rajab karena hari ini sudah masuk tanggal 1 Rajab 1438 Hijriyah.

Bulan Rajab
Copyright ©satuislam

Selain Bulan Rajab juga ada tiga bulan lainya yang dikenal dalam ajaran islam. Ketiga bulan yang juga dianggap suci yakni bulan Dzulqa’dah, Djulhijjah dan juga bulan Muharram. Dan banyak sekali alasan kenapa bulan-bulan tersebut dinamakan bulan haram.

Alasannya tersebut yakni pada bulan-bulan itu diharamkan pembunuhan. Kemudian bulan ini sendiri juga memiliki keutamaan yakni larangan dilakukannya perbuatan haram dan sangat baik jika digunakan untuk ketaatan.

Mengenai keutamaan bulan haram ini sendiri juga sudah dijelaskan dalam kitab suci umat islam. Penjelasan mengenai keuliaan bulan rajab ini dijelaskan dalam firman-firman Allah dan juga bebrapa hadist yang menunjukan jika bulan ini sangat mulia.

Dalam hadit-hadist Nabi sendiri juga menjelaskan mengenai keutamaan bulan rajab ini. Dalam hadist tersebut menganjurkan atau memerintahakan berpuasa pada bulan-bulan haram tersebut. Seperti yang diriwayatkan dari Mujibah al-Bahiliyah, Rasulullah bersabda ‘Puasalah pada bulan-bulan haram’.

Sementara itu Rasulullah sendiri sering melaukan puasa sunnah di Bulan Rajab ini. Menurut Rasulullah jika melakukan puasa dalam bulan-bulan haram merupakan salah satu puasa utama setelah puasa di bulan Ramadhan.

Nabi bersabda ‘Seutama-utamanya puasa Ramadhan adalah puasa di bulah muharam’. Maksudnya sebaik-baiknya puasa ialah puasa dibulan Ramadhan dan puasa di bulan haram atau bulan yang suci seperti Dhulqa’dah, Dhulhijah, Muharram dan Rajab.

baca lain Berita Hari Ini: Usai Michael Essien, Persib Tinggal Sedikit Lagi Dapatkan Mantan Striker Chelsea Ini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY