PPDB Jatim Hari Pertama Terjadi Gangguan Server, Begini Penjelasan Dinas Pendidikan!

0
14
Share on Facebook
Tweet on Twitter
PPDB
Copyright ©Tribunnews.com

PPDB Jatim Hari Pertama Terjadi Gangguan Server, Begini Penjelasan Dinas Pendidikan!

Lensaremaja.com – Pada Senin (3/7/17) hari pertama Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jatim hingga pada pukul 14.00 WIB, pengakses atau pendaftar SMA/SMK/MA Negeri melalui website ppdbjatim.net perdentik yang sudah mencapai 25 ribu.

BACA JUGA : Baru Dibuka, PPDB Tingkat SD-SMP Sudah Ada Pungli di Hari Pertama!

Melihat hal tersebut, pengakses juga telah mengelami masalah dalam mengakses website PPDB Jatim, yaitu sulitnya pembaruan rinking pendaftaran pada beberapa sekolah, khususnya pada sekolah favorit yang ada di Surabaya.

Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Ema Sumiarti mengatakan, pada hari pertama pembukaan PPDB Jatim jumlah pendaftar sudah mencapai 155.601 siswa.

“Secara umum berjalan lancar. Hanya saja, cara kerja sistem sengaja diatur untuk mengontrol jumlah pengakses atau namanya pembagian beban. Khususnya pengunjung yang terus menerus memantau laman PPDB. Sehingga sering muncul tampilan sinkronisasi sementara, agar memberi kesempatan pengunjung lain masuk lebih mudah,” kata Ema, Senin (3/7/2017).

PPDB Online
Copyright ©Ilustrasi

Walau pembukaan pendaftaran akan dilakukan mulai 3-6 Juli mendatang. Tim ahli PPDB Jatim, Yudi menilai, kalau pengakses website lainnya sebagaian besar masih melalukan pemantauan adanya perkembangan pesainya di setiap sekolah.

BACA JUGA : Jangan Sampai Kelewatan, PPDB Online Tingkat SD-SMP Resmi Dibuka Hari Ini

“Diperkirakan pengunjung laman PPDB Jatim akan semakin naik signifikan di saat-saat menjelang penutupan. Dan kami sudah mengantisipasi itu dengan menyediakan kapasitas server hingga dua kali lipat saat menjelang penutupan pendaftaran,” kata Yudi.

Sedangkan, Kepala Dindik Jatim Saiful Rachman memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pendaftaran disaat-saat terakhir. Sedangkan pertimbangan pertama yang harus diperhatikan di PPDB Jatim ini adalah pemilihan sekolah yang sesuai dengan zona yang ada.

Karena beberapa zona sekolah yang sudah ditentukan memiliki pesaing yang sama-sama kuat untuk masuk dalam sekolah yang mereka inginkan di PPDB Jatim ini. Oleh karena itu disarankan untuk memiliki sekolah seseuai dengan zona masing-masing.

“Saat ini, trend pendaftar diakuinya telah terjadi pergeseran tidak hanya terpusat di sekolah favorit saja. Memang siswa dari luar zona juga punya peluang yang sama. Jadi persaingannya akan tetap ketat meski daftar di zona sendiri. Karena itu, biar masyarakat yang menilai sendiri,” pungkas Saiful.

BACA JUGA : Begini Cara Mengatasi Gangguan Simulasi PPDB Online Tingkat SMA!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY