Berita Hari Ini: Fahri Hamzah Minta KPK Dibubarkan, Begini Reaksi KPK

0
18
Share on Facebook
Tweet on Twitter
kpk
Copyright ©Jawa Pos

Berita Hari Ini: Fahri Hamzah Minta KPK Dibubarkan, Begini Reaksi KPK

Lensaremaja.com Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah telah meminta kepada pemerintah untuk melakukan pembubaran lembaga nontruktural, seperti halnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Komnas HAM.

BACA JUGA : Pakta Ridwan Mukti, Gubernur Bengkulu yang Kumpul Kebo Hingga Ditangkap KPK

Terkait dengan hal itu, pihak KPK sendiri enggan menanggapinya. Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengungkapkan, kalau pernyataan yang telah diucapkan oleh Fahri Hamzah tidak perlu untuk ditanggapi.

”Saya kira itu tidak terlalu penting untuk ditanggapi, KPK lebih baik bekerja secara maksimal saja. Kami akan tangani perkara-perkara kasus korupsi,” kata Febri saat di kantor KPK, Jakarta, Senin (3/7/17).

Febri menilai, banyak yang merasa terganggu dengan kinerja yang telah dilakukan oleh lembaga antisuah tersebut. Yang berujung kepada banyaknya pihak yang mencoba untuk melemahkan KPK dan memiliki wacana untuk membubarkannya.

Meski adanya pernyataan dari Fahri Hamzah itu. Febri menegaskan, kalau KPK akan tetap berkerja. Karena adanya pernyataan-pernyataan atau tekanan yang telah diberikan tidak akan mampu untuk melemahkan KPK dalam menangani suatu masalah.

“Pernyataan atau tekanan-tekanan tidak akan berhasil menghentikan atau membuat KPK memperlambat penanganan perkara,” kata Febri.

Fahri hamzah
Copyright©Merdeka

Sebelumnya, Fahri Hamzah meminta kepada pemerintah untuk membubarkan lembaga-lembaga sampiran negara (nonstructural) seperti halnya KPK dan Komnas HAM. Menurutnya, keberadaan dari lembaga-lembaga itu sudah tidak diperlukan lagi, lantaran fungsi serta tugasnya yang sekarang sudah ada di dalam lembaga inti negara.

BACA JUGA : Begini Tanggapan KPK Soal Kabar OTT Jaksa di Bengkulu

Ia juga mencontohkan kalau pemerintah sudah memiliki Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Udang-Undang terkait Bantuan Hukum, adanya hal itu semua dirasanya cukup untuk mencegah dan menangani adanya pelanggaran HAM.

Akan tetapi, sejak adanya lembaga Komnas HAM membuat peran lembaga tersebut tidak relevan. Sedangkan KPK sendiri, menurut Fahri Hamzah merupakan lembaga yang bersaing dengan lembaga yang ada seperti halnya kejaksaan dan kepolisian.

Oleh karena itu, Fahri Hamzah mengajak pemerintah bersama dengan DPR untuk melakukan evaluasi kepada keberadaan lembaga nonstruktural tersebut. “Coba evaluasi lagi, jangan-jangan lembaga ini memang enggak diperlukan. Mumpung kita ini lagi perlu hemat, bubarkan aja. Toh ada fungsinya di dalam negara,” ucapnya.

BACA JUGA : Begini Komentar Fahri Hamzah Usai Ditolak Oleh Warga Manado!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY