Inilah 5 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Inilah 5 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

by -
8657

manggis

 

Lensaremaja.com – Buah manggis (Garcinia mangostana) tumbuh liar di hutan dan pegunungan dengan pohon-pohon yang mencapai ketinggian lebih dari 15 meter namun untuk berbuah akan memakan waktu lebih dari 10 tahun. Indonesia sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati melimpah adalah salah satu sentra produksi manggis yang diekspor ke berbagai belahan dunia seperti Amerika dan Eropa. Di Eropa sana harga jual kulit manggis sangat tinggi. Ada kulit jus manggis bernilai sekitar 200 ribu rupiah per gelas

Mungkin telah lama percaya bahwa buah manggis bergizi, tetapi tentang manfaat kulit manggis baru saja menjadi hal baru. Kulit maggis yang berawana ungu diyakini kaya akan antioksidan .

Kulit manggis adalah ratu dari semua buah-buahan tropis (Queen of The Tropic Fruits) yang dapat menghasilkan senyawa xanthone, yaitu zat yang terbentuk dari kulit terisolasi dari buah manggis yang mencapai tingkat 123,97 mg. Xanthone memiliki aktivitas anti-inflamasi dan antioksidan. Senyawa xanthone untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel yang menghambat proses degenerasi sel. Dalam Xanthone, tidak hanya sebagai antioksidan, tetapi juga antikanker. Akhir-akhir ini, para ilmuwan juga sedang melakukan uji coba pada kulit manggis sebagai obat HIV yang potensial.

 

Selain yang disebutkan diatas, berikut adalah 5 manfaat lain dari kulit manggis :

  1. Mencegah anemia

Kulit Manggis dapat mempromosikan sel darah merah dan mencegah anemia . Hal ini meningkatkan aliran darah dengan menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang membantu melindungi kita terhadap penyakit tertentu seperti aterosklerosis, kolesterol tinggi, kemacetan jantung dan nyeri dada yang parah.

  1. Menurunkan kolesterol

Diet dengan kulit manggis sangat membantu dalam mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh manusia. Hal ini juga membantu untuk mengontrol tingkat trigliserida .

  1. Mencegah kanker

Antioksidan yang ditemukan dalam buah manggis membantu mencegah kanker dan penyakit kardiovaskular lainnya. Ini adalah antioksidan kuat dan efektif yang melindungi tubuh kita dari radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif, atau “karat seluler” yang dapat menyebabkan sejumlah kondisi medis yang parah.

  1. Mencegah Alzheimer

Salah satu manfaat kesehatan utama dari manggis efektivitas dalam mengobati penyakit Alzheimer. Penyakit ini disertai dengan gejala seperti kebingungan dan kesulitan dalam mengingat sesuatu.

  1. Mencegah jerawat

Manggis memiliki sifat antibakteri alami dan senyawa antimikroba, yang sangat efektif dalam mengobati berbagai masalah kulit yang umum. Jerawat, noda kulit, kulit berminyak dan kulit kering dapat disembuhkan dengan konsumsi buah manggis

BERIKAN KOMENTAR