Sering Tidur Setelah Makan? Awas, 4 Bahaya Ini Mengintai Anda

Sering Tidur Setelah Makan? Awas, 4 Bahaya Ini Mengintai Anda

by -
10622

Bahaya Tidur Setelah Makan

Lensaremaja.com – Setelah kenyang menyantap makan malam, rasa kantuk sering sekali menghampiri. Sehingga kebanyakan orang memutuskan untuk langsung tidur setelah menyantap hidangan makan malam. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan langsung tidur setelah makan malam ternyata berbahaya?

Tidur setelah makan dapat mengakibatkan zat – zat gizi yang kita konsumsi tidak bisa terserap tubuh dengan baik. Terlebih lagi fungsi makanan yang seharusnya digunakan sebagai penghasil energi juga tidak mampu terlaksana.

Berikut ini 4 bahaya langsung tidur setelah makan:

1. Rasa panas di dada

Pada saat tidur, sebenarnya pencernaan Anda bekerja lebih keras. Sehingga langsung tidur setelah makan dapat meningkatkan kadar asam lambung dan menyebabkan sakit maag. Selain itu, rasa panas pada perut, dada dan tenggorokan juga akan terjadi akibat langsung tidur setelah makan.

2. Berat Badan Naik

Mitos yang mengatakan bahwa “Jika seseorang langsung tidur setelah makan malam, makan akan menaikkan berat badan (gemuk)” ternyata bukan hanya sekedar mitos saja. Karena tubuh akan menumpuk lemak terlalu banyak akibat langsung tidur seusai makan malam.

3. Tenggorokan Terasa Seperti Terbakar

Langsung Tidur setelah makan menyebabkan terjadinya astroesophageal reflux diseases (GERD). GERD adalah keadaan dimana katup tidak menutup antara perut dan kerongkongan. Sehingga asam lambung bisa menjalar ke tenggorokan dan menyebabkan tenggorokan terasa seperti kebakar.

4. Serangan Stroke

Penelitian dari University of Loannina, Yunani, menemukan bahwa perilaku langsung tidur setelah makan dapat meningkatkan resiko terjadinya stroke. Menurut hasil penelitian tersebut, orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai resiko terendah untuk mengalami stroke.

Penjelesan dari penelitian tersebut menghasilkan 2 teori. Teori pertama menyebutkan bahwa asam yang terjadi bila kita langsung tidur setelah makan menyebakan kemungkinan peningkatan terjadinya apnea tidur atau nafas terhenti selama tidur yang bisa menyebabkan terjadinya stroke.

Teori kedua menjelaskan bawa stroke terjadi karena kerasnya kerja sistem pencernaan kita yang berdampak pada peningkatan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol. Sehingga nantinya akan memicu terjadinya stroke.

Lantas Kapan Anda Boleh Tidur Setelah Makan Malam? Waktu yang terbaik untuk tidur setelah makan malam adalah 2 jam setelah makan.

Setelah penjelasan 4 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan tersebut, diharapkan Anda untuk lebih memperhatikan kebiasaan yang sering Anda lakukan. Jaga Kesehatan dengan membiasakan diri untuk hidup sehat.

BERIKAN KOMENTAR