Berita Hari Ini: Chat Rizieq Shihab dan Firza Husein Asli?

0
7078
Share on Facebook
Tweet on Twitter
Rizieq Shihab
Copyright©Tribun Medan - Tribunnews.com

Berita Hari Ini: Chat Rizieq Shihab dan Firza Husein Asli?

Lensaremaja.com – Baru-baru ini netizen yang dihebohkan dengan muculnya video dalam media sosial yang memperlihatkan isi chat Habib Rizieq Shihab dan Firza Husein. Walau kedua belah pihak membantah adanya isu tersebut, akan tetapi ada beberapa pihak yan menganggap kalau itu chat asli keduanya.

Sedangkan pengacara Rizieq Shihab yang membantah kalau chat dalam video tersebut milik kliennya. Pihaknya mengatakan kalau telepone milik kliennya ini telah dikloning oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab.

Menurut pakar telematikan, Heru Sutadi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuktikan chat Rizieq Shihab dan Firza Husein tersebut asli atau tidak. Yang pertama kali dapat dilakukan adalah langsung melakukan pemeriksaan kepada dua ponsel milik orang yang bersangkutan tersebut.

Dengan adanya ilmu forensik pada masa ini yang sudah maju dibandingakan sebelumnya. Beberapa informasi yang telah dihapus dari ponsel tersebut masih ada kemungkinan untuk dapat dikembalikan lagi seperti sebelumnya. Sehingga dapat digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap isu chat Rizieq Shihab dan Firza Husein.

Akan tetapi hal ini tidak dapat dilakukan jika sudah diformat dari ponsel tersebut. Maka dengan itu data yang akan menjadi informasi ini sudah tidak dapat dikembalikan lagi dan sudah dipastikan kalau itu akan hilang.

“Kita harus memeriksa secara langsung kedua ponsel Rizieq dan Firza. Meski sudah dihapus sekalipun, data-datanya masih bisa diambil, kecuali ponselnya sudah diformat,” jelas Heru, Selasa (31/1/17).

habib-rizieq
Copyright ©suara-Islam

Jika chat Rizieq Shihab dan Firza Husein tersebut tidak asli, ada kemungkinan kalau pihak yan tidak bertanggung jawab melakukan rekayasa chat yang telah terlihat dalam video tersebut yang sekarang ini tersebar di media sosial.

Pada saat ini, kata heru, ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan rekayasa chat, sehingga dengan menggunakan aplikasi tesebut tampak chat yang telah dilakukan seperti asli dan tidak tampak direkayasa.

“Tidak menutup kemungkinan ini bisa direkayasa, mengingat video yang beredar juga merupakan hasil screenshot. Kita harus menunggu semuanya dibuktikan terlebih dahulu,” tuturnya.

Lantaran masih belum adanya informasi terkait dengan adanya chat Rizieq Shihab dan Firza Husein tersebut. Heru mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mudah terpercaya dengan adanyan informasi yang sudah beredar.

“Masyarakat jangan mudah percaya, karena ini bisa menimbulkan kemarahan, adu domba dan membuat suasana panas. Masyarakat harus cerdik, harus menunggu kepastian soal keaslian chat tersebut,” ungkap Heru.

baca juga :

Berita Terkini: Merasa Difitnah, Firza Husein Syok Berat !

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY